• Kamis, 26 Mei 2022

Bulus Penghuni Sungai Widas itu Minta Dikembalikan

- Jumat, 6 Agustus 2021 | 10:54 WIB
Bulus itu diam saja saat diambi; (Ilustrasi: Pramono Estu)
Bulus itu diam saja saat diambi; (Ilustrasi: Pramono Estu)

Binatang bulus atau kura bisa berumur puluhan tahun. Bahkan konon ada yang hingga ratusan tahun. Tak heran jika kemudian ada tempat yang dipercaya dihuni oleh bulus sejak zaman kunon. Ada pula bulus yang sesungguhnya merupakan jelmaan. Termasuk kisah berikut ini.

SUDAH satu bulan Dirgo menempati rumah baru yang ia bangun di atas tanah warisan bapaknya. Rumah itu terletak di dekat Sungai Widas di kaki Gunung Pandan, Nganjuk.

Tepat di belakang pekarangan rumahnya, terdapat sebuah kedung yang cukup dalam. Saat kemarau tiba, airnya tak pernah kering. Meskipun begitu, tak ada satu pun penduduk desa yang berani memanfaat air itu.

Entah apa sebabnya.

Baca Juga: Malam 1 Suro Tahun Ini Pura Mangkunegaraan Surakarta Tanpa Kirab Pusaka

Siang itu, ketika sedang membersihkan pekarangan di belakang rumahnya, Dirgo melihat seekor bulus sedang merayap di bawah rerimbunan bambu. Dari ukuran tubuhnya yang hampir menyerupai lingkaran tampah, bisa ditebak jika usia bulus itu sudah tua.

Tertarik dengan keberadaannya, Dirgo mengejar sampai di tepi kedung. Aneh, bulus itu diam saja ketika Dirgo menangkap, lalu membawa pulang ke rumah. Hewan itu kemudian dipelihara di dalam sebuah bak air yang tak terpakai.

Malam harinya, tubuh Dirgo demam. Awalnya, ia berpikir sedang terserang flu. Namun, dua hari berlalu, suhu badannya tak kunjung turun. Bahkan semakin meningkat. Ia pun hanya menghabiskan waktu dengan berbaring di atas tempat tidur.

Baca Juga: Tahun Baru Islam 1443 H, Kesempatan Strategis Menuju Pribadi yang Berubah

Dalam puncak demam yang menyebabkan tubuhnya menggigil di malam ketiga, Dirgo melihat seorang kakek berdiri di tengah kamarnya. Entah dari mana asalnya, tiba-tiba saja sosok itu sudah ada di sana. Tubuh kakek itu bungkuk, sehingga punggungnya mirip dengan punggung seekor bulus.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Terkini

X