• Jumat, 12 Agustus 2022

Pengalaman Mistis Naik Andong di Jogja Kudanya Bisa Terbang Tiba-tiba Sudah Sampai di Pantai Selatan

- Rabu, 26 Januari 2022 | 13:00 WIB
Kuda penarik andong itu tiba-tiba bisa terbang (Ilustrasi Pramono Estu)
Kuda penarik andong itu tiba-tiba bisa terbang (Ilustrasi Pramono Estu)

harianmerapi.com - Peristiwanya 12 tahunan yang silam. Turun dari kereta sekitar jam setengah satu malam, penginnya nostalgia naik andong di Jogja, karena hampir enam tahun tak pernah lagi naik Andong.

Tak tahunya malam itu menjadi pengalaman mistis. Kebetulan aku pulang sendiri tak bersama anak istri. Lagi pula memang tak membawa bawaan banyak. Jadi ketika keluar dari setasiun hingga ke jalan besar tidak terlalu berat bawa barang bawaan.

Tapi nggak tahulah, atau karena sudah terlalu malam sehingga tak satu andong aku temui. Memang beberapa becak masih siaga, dan aku selalu menolak tawaran Pak Becak, karena aku pengin sekali naik Andong.

Baca Juga: Lima Aspek Praktis Agar Anak Menghargai Orangtua, Salah Satunya Selalu Menjawab Pertanyaan Anak

Jadi aku nekad meneruskan jalan kaki dengan harapan masih ada Andong. Ketika perjalananku hampir sampai ngejaman, tiba-tiba penglihatanku gelap, kepalaku terasa berat.

Aku hanya menunduk kemudian jongkok sambil kedua tanganku memegang dengkul yang terasa bergetar. Mulutku bergetar, dan mataku seakan susah untuk dibuka, akupun terus memanjatkan doa.

Beberapa saat kemudian mataku spontan terbuka pelan-pelan, dan “Aku, kenapa aku?” tukasku, karena seperti tak terjadi apa-apa. Aku kembali berdiri dan ketika kubuka lebar mataku, di depan tampak sebuah Andong yang menurutku istimewa.

Saking senangku segera menghampiri, “Pak ke Bantul nggih.”

Baca Juga: Merekam Penampakan di HP 2: Terlihat Sosok Perempuan Berbaju Putih dan Ponsel Langsung Mati

Kusir Andong yang juga berpakaian rapi bersih dan layak seperti kusirnya raja pun menyilakan agar saya segera naik dengan aba-aba, karena ia tak berbicara.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X