• Kamis, 26 Mei 2022

Mataram Islam Pasca Panembahan Senopati 3: Nasib Tragis Bupati Demak, Diringkus Mataram Menjadi Tahanan Kota

- Jumat, 21 Januari 2022 | 12:00 WIB
Bupati Demak ditangkap tentara Mataram dibawa dengan tandu. (Ilustrasi Pramono Estu)
Bupati Demak ditangkap tentara Mataram dibawa dengan tandu. (Ilustrasi Pramono Estu)

harianmerapi.com - Bupati Demak untuk memberontak Mataram benar-benar dilaksanakan. Dalam Serat Kandha menuturkan kisah, pasukan besar-besaran dari Demak dipimpin Ki Adipati Gending dan Adipati Panjer siap menggempur Mataram.

Namun rupanya aksi mereka diketahui Adipati Pajang yang masih menunjukkan sifat kesetiaannya pada Mataram.

Maka dalam suatu acara pertemuan, adanya pergerakan pasukan menuju Mataram itu dilaporkan kepada Panembahan Krapyak.

Baca Juga: Kekayaan Bukan Segalanya 1: Marni Gadis Kecil yang Enerjik dan Punya Sikap Mandiri

Dalam kisah itu juga diceritakan, sikap sang Nata begitu mendengar laporan dari tentara sandi yang disebar ke utara, bahwa pasukan Bupati Demak telah melakukan serangkaian perampokan dan penjarahan di daerah seputaran Pegunungan Ungaran.

Raja berhati emas ini justru bersedia memberikan bagian utara kerajaaan kepada kakaknya itu. Tidak hanya sampai di situ, Prabu Hanyakrawati mengajak kakaknya untuk membicarakan berbagai masalah terkait dengan teritorial antara Demak dan Mataram.

Namun ajakan itu tidak mendapatkan tanggapan yang baik dari Bupati Demak, bahkan sampai empat kali Panembahan Krapyak menawarkan pertemuan antara adik dan kakak, namun selalu saja undangan itu ditolaknya dengan kasar.

Bupati Demak rupanya menganggap Mataram lemah, sehingga pergerakan pasukannya makin diperkuat dan diusahakan untuk menguasi daerah Tambak Uwos.

Baca Juga: Pengalaman Mistis Roh Korban Tanah Longsor Menunjukkan Dimana Jasadnya yang Tertimbun Berada

Tidak seberapa lama Tambak Uwos sudah dikuasi pasukan Ki Adipati Gending dan Adipati Panjer. Mendengar laporan salah satu wilayah lumbung pangan Mataram dikuasai Demak, Raja lantas memerintahkan untuk menyusun kekuatan guna menghadapi dan mengusir pasukan Demak.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X