• Kamis, 26 Mei 2022

Ekspansi Panembahan Senopati ke Jawa Timur 2: Siap untuk Perang Namun Diselesaikan Damai oleh Sunan Giri

- Selasa, 18 Januari 2022 | 15:00 WIB
Utusan Sunan Giri minta Panembahan Senopati dan Pangeran Surabaya memilih antara isi dan wadah. (Ilustrasi Pramono Estu)
Utusan Sunan Giri minta Panembahan Senopati dan Pangeran Surabaya memilih antara isi dan wadah. (Ilustrasi Pramono Estu)

harianmerapi.com - Situasi makin menegangkan ketika prajurit-prajurit Mataram di Japan sudah siap perang. Mereka mulai berhadap dengan para prajurit dari Bang Wetan yang jumlahnya lumayan banyak juga.

Kedua kubu saling mengamati mencari kelemahan masing-masing dan berusaha menentukan strategi paling jitu untuk mengalahkan lawannya. Sebagai upaya perang urat syaraf, maka ancaman dan caci makipun saling dilontarkan masing-masing pihak.

Tiba-tiba datang utusan dari Sunan Giri yang membuat pesanggrahan tersendiri. Utusan tersebut kemudian memanggil Panembahan Senopati, Pangeran Surabaya, berikut para bupati.

Baca Juga: Cerita Horor, Demi Dapat Gratisan Rela Tinggal di Kamar Kos dengan Hantu Perempuan Hanya Setengah Badan

“Saudara-saudara para pejabat dari Mataram maupun dari Bang Wetan. Kedatangan saya kemari diutus oleh Sunan giri agar membacakan surat yang beliau tulis sebagai berikut:

“Saya, Kanjeng Sunan Giri. Memerintahkan kepada anak-anakku Panembahan Senopati dan Pangeran Surabaya jika kalian bermaksud mau berperang saya tidak mengizinkan. Sebab hal itu hanya akan memakan korban kematian dan rusaknya tata kehidupan kawula alit. Maka di antara kalian kupersilakan damai dengan memilih salah satu. Yaitu, isi atau wadah”.

“Adhi Surabaya, kupersilakan engkau memilih duluan!”, kata Panembahan Senopati.

“Kakang Panembahan Senopati, aku memilih isinya dan kakang wadahnya”, jawab Pangeran Surabaya.

Baca Juga: Lima Aspek dalam Upaya Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak

“Aku terima dengan senang hati, Adhi Surabaya”, jawab Panembahan Senopati.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X