• Selasa, 25 Januari 2022

Cupu Panjala Dibuka Malam Ini, Begini Sejarahnya

- Senin, 25 Oktober 2021 | 18:27 WIB
Sejarah Cupu Panjala yang dibuka malam ini di Panggang, Gunungkidul.  (Tangkap layar Youtube DaksinagaTV)
Sejarah Cupu Panjala yang dibuka malam ini di Panggang, Gunungkidul. (Tangkap layar Youtube DaksinagaTV)

SETAHUN sekali Cupu Panjala dibuka dan menyedot perhatian banyak orang. Tahun 2021 Cupu Panjala akan dibuka malam ini, Senin, 25 Oktober 2021.

Bagi sebagian orang Cupu Panjala dipercaya mampu meramalkan apa yang akan tejadi pada bangsa Indonesia. Sehingga banyak orang yang menantikan momen Cupu Panjala dibuka dan menafsirkan gambar yang terlihat.

Tahun ini Cupu Panjala dibuka dengan menerapkan protokol kesehatan dan diharapkan tidak diikuti oleh ribuan orang seperti layaknya sebelum pandemi. Masyarakat bisa menyaksikan secara langsung melalui siaran streaming.

Baca Juga: Sesosok Mayat Perempuan Dengan Luka Ditemukan Di Muara Opak Kabupaten Bantul

Lalu bagaimana sejarah Cupu Panjala ini? Sebuah artikel yang diunggah di laman resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, disebutkan Nama asli Kyai Panjala adalah Eyang Seyek yang menemukan dan memiliki Cupu Kyai Panjala.

Menurut cerita yang berkembang dimasyarakat, Cupu Kyai Panjala didapat Eyang Seyek saat njala (menjaring) di laut. Eyang Seyek tidak beristri dan tidak memiliki anak, akan tetapi Eyang Seyek memiliki 10 saudara kandung, 5 lelaki dan 5 wanita.

Kakek Buyut dari Dwijo Sumarto merupakan saudara kandung dari Eyang Seyek. Sehingga Dwijo Sumarto menjadi salah satu ahli waris Cupu Kyai Pajala.

Baca Juga: Bahlil Lahadalia : Indonesia Bersikap Adil Dalam Mendukung Industri Otomotif yang Masuk Indonesia

Melalui channel Youtube Pemkab Gunungkidul, Dwijo Sumarto menceritakan sejarah Cupu Panjala.

Sejarah Cupu Panjala ini dimulai pada ratusan tahun silam. Nenek moyang Dwijo Sumarto bernama Wonongso memiliki anak bernama Kyai Seyek. Suatu ketika Kyai Seyek ini lapar sepulang bermain dengan teman-temannya.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X