• Rabu, 8 Desember 2021

Misteri Gundul Pringis Gentayangan di Kali Tempukan

- Sabtu, 9 Oktober 2021 | 12:30 WIB
Buah kelapa itu tiba-tiba berubah jadi kepala. (Ilustrasi Pramono Estu)
Buah kelapa itu tiba-tiba berubah jadi kepala. (Ilustrasi Pramono Estu)

MISTERI penampakan gundul pringis yang gentayangan masih sering terdengar, terutama di desa terpencil. Seperti halnya sebuah kampung yang terletak di pelosok Boyolali yang memiliki ciri khas unik.

Tidak saja namanya yang kerap mendatangkan kesalahpahaman makna, kampung ini dikelilingi oleh sungai. Sehingga akses menuju kampung tersebut dari segala penjuru harus melalui jembatan (kreteg). Tentu tidak banyak kampung yang memiliki ciri geografis semacam itu.

Lantaran hal tersebut, keseharian masyarakatnya sangat akrab dengan sungai. Mandi, mencuci, hingga buang hajat sampai sekarang ini masih banyak yang melakukannya di kali.

Baca Juga: Mensyukuri Nikmat 14: Rencana Diam-diam Istri Kedua

Selain itu, beberapa warga menambang pasir di kali untuk keperluan pribadi maupun dijual. Masyarakat juga menjaga ritual turun-temurun di sungai, yaitu memandikan calon pengantin di Kali Tempukan sehabis subuh. Kali Tempukan adalah pertemuan arus dari tiga anak sungai.

Pakde Gimin, sedari kecil sering main di kali. Lumban atau berenang bersama kawan-kawannya merupakan kegiatan yang mengasyikkan. Meski acap kali sepulangnya dari kali selalu dimarahi, lazimnya anak-anak tidak jemu mengulangi kenakalannya.

Saking menyatunya dengan sungai, Pakde Gimin lebih suka buang hajat di sungai. Padahal anak-anaknya sudah membangun kamar mandi beserta WC. Namun Pakde Gimin merasa sensasi buang hajat di sungai itu lebih praktis dan tenang.

Baca Juga: Kesaktian Syekh Maulana 7: Setelah Meninggal, Dakwah Agama Dilanjutkan Murid-muridnya

Suatu petang Pakde Gimin melangkah tergesa menuju kali yang tidak seberapa jauh dari rumahnya. Perutnya sudah mules sejak siang tadi. Berkali-kali ke WC tanpa hasil.

"Apa harus ke sungai, Pak? Sudah hampir maghrib ini. Lebih baik di WC saja!" Istri Pakde Gimin sempat memperingatkan suaminya.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Misteri Watu Lumpang yang Mengancam Lewat Mimpi

Jumat, 3 Desember 2021 | 09:00 WIB
X