• Kamis, 23 September 2021

Nyimas Utari dan Misteri Kematian JP Coen 8: Cerita Lain Menyebut Meninggal karena Wabah Kolera

- Sabtu, 11 September 2021 | 07:50 WIB
Kepala JP Coen dibawa Raden Bagus Wonoboyo dari Batavia (Ilustrasi Pramono Estu)
Kepala JP Coen dibawa Raden Bagus Wonoboyo dari Batavia (Ilustrasi Pramono Estu)

DALAM keadaan berduka kehilangan putri kesayangannya, Raden Bagus Wonoboyo berusaha menepati janjinya untuk menyelesaikan misi telik sandi. Kepala JP Coen dibawa Raden Bagus Wonoboyo dari Batavia. Selanjutnya kepala tersebut kemudian diserahkan ke Tumenggung Surotani.'

Guna menjamin Kepala JP Coen sampai kepada Sultan Agung. Mereka memilih membawanya melewati jalur pantai utara. Setibanya di Mataram mereka di sambut dengan suka cita. Sultan Agung begitu bahagia berhasil menghabisi JP Coen.

Konon atas perintah Sultan Agung kepala JP Coen diawetkan. Lalu kepala tersebut ditanam pada baris ke-716 tangga menuju makam raja-raja Jawa di Imogiri.

Baca Juga: Judi dan Minuman Keras Membuat Keluarga Berantakan, Sampai Ujungnya Tinggal Sebuah Penyesalan

Namun hinga kini kebenaran kisah kematian JP Coen masih menyimpan misteri hal tersebut dikarenakan beredar kisah lain. Menurut H.J. De Graaf dalam Puncak Kekuasaan Mataram, JP Coen mendadak jatuh sakit pada tanggal 20 September malam dia meninggal sekitar jam satu malam.

Hal tersebut dikarenakan ia terserang kolera. Wabah kolera yang terjadi di Batavia pada saat itu banyak menelan korban jiwa.

Ada yang meyakini bahwa wabah tersebut merupakan serangan biologi dari parajurit Mataram. Prajurit Mataram yang sudah berulangkali menyerang ke Batavia namun berhasil dipukul mundur, mereka tidak menyerah begitu saja.

Baca Juga: Ayam Jago Kesayangan Gentayangan di Lokasi Tertabrak Sedan

Mereka menyerang dengan menggunakan stretegi yaitu meracuni Sungai Ciliwung dengan memasukan bangkai. Sungai Ciliwung pun tercemar, padahal Sungai Ciliwung merupakan sumber air yang digunakan untuk kelangsungan hidup Batavia.

Akibat pencemaran Sungai Ciliwung lambat laun wabah kolera menyerang Batavia. JP Coen pun tewas akibat penyakit kolera yang menyerangnya.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kejujuran Membawa Nikmat 24: Saudara Kandung Beda Watak

Selasa, 21 September 2021 | 06:29 WIB

Siapa yang Main Kartu Remi Tadi Malam?

Senin, 20 September 2021 | 22:40 WIB
X