Tak Ingin Keluarga Dihina

KABAR Pak Dipo ditahan polisi karena dituduh mencuri, dengan cepat menyebar ke para tetangga dan saudara. Pada umumnya mereka tak percaya dengan kabar itu, karena salam ini Pak Dipo dikenal sebagai orang yang baik dan jujur.

Namun tetap saja orang yang menanggapi dengan nyinyir. Mereka menerima mentah-mentah kabar itu, bahkan kemudian menyebarkannya ke orang lain dengan menambah-nambah cerita yang tidak ada ujung pangkalnya.

“Tenryata Dipo pencuri ya. Nggak nyangka, orangnya diam kok bisa berbuat jahat,” kata seorang tetangga.
“Maklum, sudah lama mereka hidup susah. Coba lihat sampai anaknya saja di suruh berjualan di sekolah,” timpal yang lainnya.
“Janganlah kita suudzon. Tidak baik berburuk sangka pada orang lain,” sahut orang yang lebih netral.
“Nyatanya dia ditangkap polisi, sudah jelas pasti dia bersalah.”

“Ada asas praduka tak bersalah. Orang yang ditangkap polisi belum tentu salah. Masih butuh pembuktian di pengadilan nanti. Kita harus merasa prihatin dengan nasib yang dialami Dipo. Kalaupun benar dia salah, janganlah kita mengolok-oloknya karena pasti ada alasan ia sampai mencuri. Karena kita tahu bagaimana sehari-harinya Dipo. Dan bukan tidak mungkin, nanti di pengadilan Dipo tidak terbukti bersalah. Banyak contoh kasus lain. orang yang bebas dari tuduhan di pengadilan karena memang tidak ada bukti,” jelas orang yang netral tersebut.

Yang pasti, kejadian tersebut membuat keluarga Dipo merasa sangat terpukul. Terlebih lagi dengan Tantro, yang selama ini mengenal betul sifat ayahnya. Tantro tetap yakin, ayahnya tidak bersalah sehingga ia selalu berdoa agat diberikan jalan kepada ayahnya agar terbebas dari masalah hukum.

Hanya satu tekat Tantro, yakni membersihkan nama baik ayahnya dan keluarga. Mereka memang orang miskin, namun Tantro tak ingin orang lain menghina keluarganya gara-gara kasus yang menimpa ayahnya.

Begitu pun dengan Bu Dipo, meski dirinya sangat terpukul namun ia mencoba untuk tetap tabah. Terutama jika di depan Tantro. Bu Dipo selalu membesarkan hati Tantro agar tetap tabah. Sekalipun sebenarnya nasihat yang ia berikan juga lebih ditujukan pada dirinya, agar bisa kuat menerima keadaan. (Bersambung)

Read previous post:
Prima Founder Records Seminggu Hasilkan Satu Album dan Dua Single

YOGYA (HARIAN MERAPI) - Prima Founder Records mengukir sejarah baru di dunia musik Indonesia. Dalam waktu satu minggu, dari tanggal

Close