Baik Buruk Selalu Jadi Gunjingan

ACARA pernikahan Purbo dengan Yani pun diselenggarakan dengan sangat meriah. Sebagai seorang tuan tanah yang terpandang di desanya, Pak Warjo tak ingin mempermalukan dirinya sendiri. Tak perduli berapa biaya yang harus dikeluarkan, yang penting pesta harus berlangsung sangat mewah. Selama tujuh hari penuh, berbagai acara digelar untuk menyambut datangnya pasangan baru. Warga dihibur dengan berbagai atraksi kesenian, mulai dari kesenian tradisional jathilan, wayang kulit hingga kesenian modern pentas dangdut.

Semua biaya ditanggung keluarga Pak Warjo. Sementara orang tua Purbo sama sekali tak ikut campur tangan.
Semua orang juga tahu hal ini, sehingga menjadi gunjingan lagi di antara mereka yang suka nyinyir membicarakan masalah rumah tangga orang lain. Bagi Purbo sendiri tak ada masalah, karena yang penting biatnya untuk mendapatkan istri kaya raya sudah berhasil.

“Sayang ya uangnya Pak Warjo dihambur-hamburkan hanya untuk kesenangan sesaat,” kata seorang tetangga.
“Kalau saya biaya nikahan ratusan juta mending disumbangkan untuk amal,” sambung yang lain.
“Ah yang penting kita juga ikut menikmati to. Kamu ligat penyanyi dangdut sampai mata melotot tak berkedip,” timpal tetangga lain yang memang suka bercanda.

“Ya memang itu suka-suka Pak Warji lah. Wong dia yang punya duit. Dia juga mampu. Kenapa kita yang usil,” kata yang lain lago. “Memanglah baik buuk itu selalu jadi omongan orang. Dul waktu Pak Dul menikahkan anaknya cuma sederhana, masakannya dibilang tidak enak, kurang ini, kurang itu. Sekarang Pak Waji pesta besar-besaran, kita seluruh kampung ikut mnikmati, teap juga jadi omongan.”
Semua pun diam dan akhirnya pembicaraan beralih dengan topik lain.

“Wahai orang-orang yang beriman! Jauhilah banyak prasangka. Sesungguhnya sebagian prasangka itu dosa. Janganlah kamu mencari kesalahan orang lain dan jangan di antara kalian menggunjing sebagian yang lain. Apakah di antara kalian suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? tentu kalian akan merasa jijik. Bertakwalah kalian pada Allah, sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat dan Maha Penyayang.” (QS. Al-Hujurat : 12). (Bersambung)

Read previous post:
Masjid Agung Darussalam Mulai Gelar Salat Jumat

TEMANGGUNG (MERAPI) - Masjid Agung Darussalam Temanggung dan sejumlah masjid lain mulai menggelar salat Jumat dan salat fardhu berjamaan secara

Close