Haru Bertemu Anak Kandung

GUNA menelusuri keberadaan putrinya, maka langkah pertama yang ditempuh Berjo adalah ke rumah mantan mertuanya. Pikirnya, sudah pasti Pak Marta tahu dimana Marjina dan Solehati tinggal. Namun betapa terkejutnya Berjo, ketika sampai di rumah tujuan.
Kejutan pertama yang diterimanya adalah Pak Marta ternyata sudah meninggal beberapa bulan yang lalu.
“Bapak sakit-sakitan memikirkan Marjina, sehingga mengalami komplikasi,” terang Bu Marta yang menemui Berjo.

Kejutan kedua yang diterima Berjo, ternyata Marjina telah pergi entah kemana rimbanya sejak bercerai dengan suami sirinya. “Hal itulah yang membuat Bapak merasa terpukul dan sangat sedih, apalagi ada kabar burung Marjina sudah menjadi perempuan nakal di luar Jawa sana,” kata Bu Marta dengan mata memerah karena menahan tangis,
“Lantas Solehati bagaimana, BU?” tanya Berjo tak sabar melihat putrinya.
“Solehati ada. Dia memang selalu menanyakan kabar tentang kalian, namun Ibu tak bisa menjawab apa-apa. Ibu mau mencari kamu juga tidak tahu alamatnya,” kata Bu Marta yang membuat Berjo lega.

Bu Marta kemudian masuk ke dalam untuk memanggil Solehati. Ketika gadis mungil itu muncul bersama neneknya, tampak wajah keraguan sambil menatap Berjo tajam-tajam.
“Solehati, ini bapak Nak,” kata Berjo sambil mendekat.
Solehati masih tampak ragu, dan memandang wajah neneknya.
“Betul nak, dia bapak kandungmu,” kata Bu Marta.

Barulah Solehati tampak percaya, sehingga dengan serta merta Berjo pun mendekapnya erat-erat. Tangis pun pecah di antara keduanya. Sementara Bu Marta hanya bisa sesenggukan menyaksikan peristiwa yang sangat mengharukan itu.
“Nak, sebenarnya Ibu berat hati melepaskan Solehati. Namun karena ia butuh seorang Bapak, maka Ibu sudah ikhlas. Hanya yang Ibu minta, mohon Ibu boleh kapan-kapan menengok Solehati,” kata Bu Marta saat mendengar ucapan Berjo untuk memboyong Solehati tinggal bersama dirinya.
“Sudah tentu, tidak mungkin Berjo memisahkan Solehati dengan neneknya,” tegas berjo yang membuat Bu Marta merasa lega. (Habis)

Read previous post:
Rumah Megah Terasa Kosong

SEMUA kini telah dimiliki Berjo. Dari hasil usahanya warung bakso, maka rumah yang cukup bagus telah dimiliki, lengkap dengan segala

Close