Mengulang Kesalahan

image description

SAAT masih di kantor pilisi, Jarino sudah diingatkan agar tidak memberikan sepedamotor kepada Jaka yang masih di bawah umur. Sangat berbahaya bagi si anak itu sendiri, juga bagi pengendara lain di jalan umum.

Jarino di depan pak polisi berjanji akan melaksanakan imbauan tersebut. Kala itu Jarino memastikan Jaka tak boleh lagi mengendarai motornya sampai umurnya memenuhi syarat. Sampai di rumah, Tuliyah juga mendukung keputusan tersebut.
Tuliyah tak ingin mendengar lagi kabar anaknya berurusan dengan polisi,
Dalam beberapa bulan, janji tersebut bisa ditepati. Jaka dilarang keras menyentuh motornya. Berangkat dan pulang sekolah diantar ayahnya atau menggunakan ojek online. Tapi lagi-lagi gosokan teman-temannya membuat Jaka akhirnya goyah juga. Ia mulai tergoda untuk menaiki motornya lagi.

Tak ada jalin lain, Jaka harus melakukannya secara sembunyi-sembunyi. Saat ayahnya sedang sibuk dengan pekerjaannya dan ibunya sibuk mengurusi pekerjaan rumah, maka Jaka mengambil peluang untuk mengeluarkan motornya, Kedua orang tuanya memang tak bisa mengawasi Jaka terus-terusan. Bahkan kadang motor itu dititipkannya di rumah temannya agar lebih mudah. Hal seperti itu pun lepas dari perhatian Jarino maupun Tuliyah. Dan ketika akhirnya mereka tahu, toh kemudian membiarkannya. Seolah kedua orang tua Jaka pura-pura tidak tahu, sehingga si anak pun makin menjadi.

Jaka mulai berani secara terang-terangan menaiki motornya di depan kedua orang tuannya.

“Jaka, kan sudah dilarang nggak boleh pakai motor dulu,” tegur ibunya.

“Ah Mama, nggak papalah. jaka hati-hati kok naiknya. Nggak akan macem-macem,” kata Jaka santai sambil terus saja menggenjot motornya cepat-cepat pergi. (*)

Read previous post:
MERAPI-ISTIMEWA Bupati Bantul menerima penghargaan salah satu dari 100 kabupatn/kota dalam pelaksanaan smartcity.
Bantul Smartcity, Harapan Baru Masyarakat Berkemajuan

KEMAJUAN Bantul dalam berbagai hal terus digenjot pemerintahan Bupati ddan Wakil Bupati Bantul, Suharsono dan Abdul Halim Muslih. Satu program

Close