Bukan Haknya

image description

SAAT sedang membersihkan rumput di pojok kebun, Tarino terkejut melihat ada beberapa butir telur ayam. Padahal selama ini dirinya tak pernah memelihara ayam. Bukannya tak mau, namun karena kondisi ekonomi lantaran butuh biaya untuk kandang dan pakan.

“Telur ayam siapa ini?” tanya Tarino dalam hati.

Diingat-ingatnya, siapa kira-kira tetangganya yang memelihara ayam. “Oh iya, ini mungkin telur ayam milik Pak Jalidu. Ia kan punya banyak ayam,” pikiran Tarino terarah ke tetangga sebelah rumah, yang belum lama menjadi warga setempat.

Spontan Tarino mengumpulkan telur-telur tersebut dan berniat akan membawanya ke Pak Jalidu sebagai pemilik sah. Tapi kemudian Tarino sempat termenung. Hari itu dirinya belum makan, karena memang tidak ada uang untuk membeli beras dan lauknya. Sempat terlintas di benak Tarino, untuk membawa pulang telur-telur tadi untuk dimasak dan memberi makan anak istrinya.

“Tapi itu namanya dosa, karena saya memberi makan keluarga makanan yang tidak halal,” pikir Tarino yang sebenarnya hanya tamat SMP.

Akhirnya ia berketatapan untuk membawa telur-telur tersebut ke rumah Pak Jalidu.

“Pak ini telut ayam bapak, tadi saya temukan di kebun saya,” kata Tarino dengan polosnya.

“Kok tahu itu telur ayam saya?” tanya Pak Jalidu.

Tarino kaget. “Iya ya, kalau bukan telur ayam Pak Jalidu bagaiaman ya?” pikirnya.

“Saya tidak punya ayam Pak, yang punya ayam kan Pak Jalidu. Ayam milik tetangga yang lain jauh-jauh pak letaknya,” kata Tarino berargumen.

“Baiklah, kalau Pak Tarino beranggapan itu telur ayam saya. Terima kasih, ini saya terima. Tapi saya kembalikan ke Pak Tarino ya, karena yang menemukan tadi kan sampeyan. Anggap saja ini rezeki,” kata Pak Jalidu.

“Alhamdulillah, terima kasih Pak, terima kasih,” kata Tarino sambil mencium tangan Pak Jalidu berulang-ulang. (*)

Read previous post:
MERAPI-TEGUH Dr. drg Ahmad Syaify dan drg. Ratu Mirah.
Kesadaran Merawat Gigi Masih Rendah

DEPOK (MERAPI) - Kebiasaan masyarakat Indonesia dalam merawat kesehatan gigi dan mulut masih sangat rendah, ini menjadi tanggung jawab bersama

Close