Kriwikan Dadi Grojogan

image description

PENYESALAN selalu datang belakangan. Setelah semua terjadi, tak ada yang bisa dilakukan kecuali memperbaiki yang sudah telanjur. Begitu pun dengan Surhani, yang tak pernah membayangkan nasibnya akan seperti ini.

Hari pernikahan sebenarnya sudah di depan mata. Saat tinggal menanti hari yang berbahagia itu, tiba-tiba datang kegelapan yang tak diduganya sama sekali. Ibarat kriwikan dadi grojokan, sebenarnya kejadian diawali dengan masalah sepele, ketika ia tanpa sengaja bertemu dengan mantan pacarnya, Garnadi. Mereka memang sempat menjalin hubungan asmara, sebelum akhirnya putus dan kemudian Surhani memiliki calon lain, Susmali.

Meskipun belum lama berpacaran, Susmali rupanya sudah mantap untuk menjadikan Surhani sebagai istri. Gayung bersambut, Suharni pun tak ingin berlama-lama hidup membujang sehingga menerima lamaran Susmali dengan senang hati.

Hari pernikahan pun sudah ditentukan oleh kedua orang tua mereka. Semua persiapan juga sudah dilakukan. Meski hanya sederhana, mereka ingin acara pernikahan berlangsung mengesankan bagi kedua mempelai.

Sementara Surhani dengan Garnadi sebelumnya berpisah dengan baik-baik, sehingga mereka tetap bersahabat. Setiap bertemu mereka pun berbincang biasa layaknya dua sahabat. Seperi hari itu, Surhani yang hendak berbelanja, tanpa sengaja bertemu dengan Garnadi. Saat keduanya tengah berbincang di sudut jalan, tanpa diduga Susmali memergokinya.

Api cemburu pun berkobar di dada Susmali, yang langsung melabrak Garnadi. Merasa tak bersalah, Garnadi melakukan perlawanan, sehingga terjadi percekcokan sengit.

Disulut emosi yang berkobar, keduanya pun terlibat pertikaian fisik. Dan dalam satu kesempatan, Susmali memungut batu besar di pinggir jalan untuk dihantamkan ke kepala Garnadi. Akibatnya pun fatal. Darah mengucur deras, hingga akhirnya nyawa Garnadi tak mampu diselamatkan.

Surhani pun hanya bisa menangis, meratapi nasibnya yang tidak jelas. Sementara Susmali harus mempertangungjawabkan perbuatannya di balik jeruji besi. (*)

Read previous post:
MERAPI-ISTIMEWA Sedekah Laut di Pantai Sadeng, Girisubo.
SEDEKAH LAUT DI PANTAI SADENG: Ungkapan Syukur Dibanjiri Ribuan Wisatawan

WONOSARI (MERAPI) - Upacara Sedekah laut di Pantai Sadeng, Songbanyu, Girisubo kembali digelar masyarakat dan nelayan, yang berlangsung khikmad, Rabu

Close