Selamat dari Penipuan

image description

SUDAH menjadi kebiasaan Yu Tiyem setiap pagi membersihkan halaman rumahnya. Meski tidak terlalu luas, namun jika tidak disapu akan terlihat kotor. Demikian pemikiran perempuan paruh baya ini.

Saat tengah mengayunkan sapunya, tiba-tiba mata Yu Tiyem tertuju pada sebuah benda berbentuk gulungan. Diambilnya benda tersebut dan karena penasaran langsung dibukanya. Betapa kaget Yu Tiyem ketika mengetahui isinya. Tertera dengan jelas yang menyatakan: “Anda beruntung mendapat hadiah mobil”.

Tak ada kata-kata yang bisa keluar dari mulut Yu Tiyem, karena saking gembiranya. Tak terbayangkan sebelumnya, ia akan mendapat rezeki nomplok secara tiba-tiba. “Sebuah mobil,” desisnya pelan sambil membayangkan di halaman rumahnya terparkir mobil baru.

Sejenak kemudian Yu Tiyem baru tersadar dan kemudian lari masuk ke rumah. Ia tak sabar untuk memberitahu kabar gembira itu pada suami dan anaknya.

“Pak…Pak, kesini pak. Ibu dapat rezeki nomplok,” teriaknya.

“Ada apa to Bu, kok seperti orang kesurupan,” kata suaminya, yang heran melihat ulah istrinya teriak-teriak.

“Ini Pak, Ibu tadi nyapu di halaman kok malah dapat rezeki. Ini hadiah sebuah mobil Pak. Mobil baru,” kata Yu Tiyem sambil menunjukkan kertas yang baru saja ditemukannya.

“Ah bohong ini Bu. Ini penipuan, nggak mungkin tiba-tiba ada orang ngasih hadiah mobil,” sanggah suaminya.

“Tidak mungkin bohong Pak, lihat ini ada cap dari kepolisian,” bantah Yu Tiyem lagi.

“Namanya cap bisa saja dipalsu, kita harus waspada sekarang banyak modus penipuan.”

“Bapak benar Bu, tidak mungkin tanpa sebab tiba-tiba kita mendapat hadiah seperti itu,” sahut Darto, anak mereka yang dari tadi mendengarkan pembicaraan orang tuanya.

“Menipu bagaimana to Le?” tanya Yu Tiyem masih belum percaya.

“Itu nanti Ibu malah disuruh kirim uang, alasannya untuk pajak atau biaya pengiriman. Tapi setelah ibu kirim uang, barang tidak akan datang. Sudah banyak yang menjadi korbannya, termasuk teman saya,” jelas Darto.

“Oh begitu to Le. Alhamdulillah, Ibu tidak menjadi korban penipuan.” (*)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Pegawai Kejari Sukoharjo Ikut Tes HIV/AIDS dan Narkoba

SUKOHARJO (MERAPI) - Pegawai Kejaksaan Negeri (Kejari) Sukoharjo mengikuti tes HIV/AIDS dan narkoba. Pemeriksaan dilakukan dengan melibatkan petugas Dinas Kesehatan

Close