Memilih Jalan Hidup

Spread the love

HIDUP sebagai duda kembali dialami Dirham. Kini ia harus mengasuh dua anak tirinya seorang diri. Meski bukan anak kandung, namun Dirham menyayangi mereka dengan sepenuh hati. Apalagi dua anak yang baru menginjak usia remaja itu masih membutuhkan figur ayah dan itu mereka dapatkan dari diri Dirham.
Memang terasa ada yang kurang, dalam keluarga tidak ada sosok ibu. Dirham sendiri belum memikirkan untuk mencari istri lagi. Justru anak-anak tirinya yang sering menggoda, agar Dirham mencarikan mereka ibu baru.

“Bapak kalau mau mencari istri lagi, Tutik tidak keberatan kok. Kami malah senang, biar rumah tetap ramai,” kata Tutik, nama samaran, anak angkatnya yang suka bermanja-manja pada Dirham.

“Nanti kalau dapat ibu yang galak, kalian malah jadi takut di rumah,” kata Dirham bercanda.

“Ah bapak itu, bercanda atau nyindir almarhum ibu?”

“Bukan begitu, tapi untuk sementara Bapak masih senang sendiri. Yang penting Bapak masih bisa ngurus kalian.”

Kabar meninggalnya Rohana sampai juga ke telinga Sisar. Kini mereka memang berstatus janda dan duda. Ada beberapa kerabat yang berseloroh, agar keduanya berbaikan dan rujuk lagi.

“Theklek kecemplung kalen, tinimbang golek luwung balen to mbakyu,” kata kerabat Sisar.

Meski hanya bercanda, sempat terpikirkan juga di benak Sisar. Namun seperti tak mungkin hal itu terjadi. Sisar sudah menutup hatinya untuk menikah lagi, apalagi dengan mantan suaminya. Ia sudah merasa mapan dengan kondisinya sekarang ini. Hidup bersama Rasti yang berhasil ia besarkan seorang diri, sudah mampu membahagiakan Sisar di hari tuanya.

“Jalan hidup kami sudah berbeda. Biarlah saya bahagia dengan kehidupanku sekarang ini dan semoga Mas Dirham juga bahagia bersama anak-anaknya,” kata Sisar.

“Kita tidak tahu sisa usia kita tinggal berapa tahun lagi. Bisa saja nanti, besok atau kapan pun, Allah memanggilku tanpa diduga-duga. Saya sudah siap menerima hal ini. Saya sudah ikhlas,” lanjut Sisar dengan nada serius. (Habis)

Read previous post:
Nasi Telah Menjadi Bubur

PERNIKAHAN Dirham dengan Rohana ternyata juga tidak berlangsung lama. Pembawaan Rohana yang keras dan selalu mau menang sendiri, rupanya bukannya

Close