HANTU PENUNGGU KOS SUKA MEMBANTU (1) – Ingin Kenalan dengan Penghuni Baru

MASUK kawasan baru sebaiknya ucapkan salam atau permisi. Bisa dilakukan suara hati atau dibatin. Namun lebih baik diucapkan. Itu sebagai tanda hormat sebagai uluk salam kepada penghuni di situ. Mereka yang telah dahulu menempati dan tinggal. Sebagai rasa hormat dan rasa kerukunan antara yang baru dan lama.

Sebagaimana pengalaman Mas Nono saat kos di Solo tempo dulu. Dari pengalaman yang selama empat tahunan berkomunikasi dengan warga setempat, telah banyak pengalaman yang ia tangkap.
Menguak sedikit banyak keberadaan rumah kos yang aku diami dan tampaknya banyak misteri gaibnya. Demikian juga si pemilik kos itu termasuk orang yang mengerti soal ini. Sehingga aku jadi tertarik dan membuat kian penasaran saja.

Ia menyadap sedikit banyak melalui komunikasi. Aku tak sengaja dikasih tahu tentang rumah ini. Kian akrab dengan anggota pemilik kos. Hingga bergaul dengan mereka setelah satu tahun ikut dengannya. Oleh pemilik yang mengatakan tentang seluk beluknya. Terutama tentang makhluk halus yang telah dijinakkan. Malah dizinkan boleh tinggal di kawasan pekarangannya.

Ini malah mirip persahabatan dengan hantu baik. Termasuk dengan aku yang kos di sini, Mas Nono bersama empat orang lainnya dari berbagai daerah. Anehnya semua tetap nyaman dan aman dengan informasi dari pemilik kos.
Saat bincang–bincang dan ngopi bersama diselingi informasi soal penunggu. Ini saja dijelaskan setelah kejadian yang aneh, di luar kebiasaan yang ada.

Termasuk Nono saat tinggal pada tahun pertama kuliah yang tiba-tiba sakit panas dan harus ke dokter. Oleh pemilik kos hanya dikasih tahu: ”Yang tunggu rumah ini ingin kenalan dengan kamu!”
Nono kaget. “Siapa dia?” tanyanya.

Maka oleh pemilik kos, dengan panjang lebar diterangkan asal mula dan seluk beluk tanah pekarangan yang dibuat kos ini. Dulu memang tanah ini dipagar oleh sesepuh yang ahli di dunia gaib. Bahkan pernah kemasukan maling tak bisa berkutik apalagi keluar dari pekarangan ini. Hingga seharian tak keluar sejak malam saat melakukan aksinya.

Baru setelah diberikan izin pemilik rumah dan tersadar serta minta maaf. Termasuk barang yang dicuri itu diberikan untuk dibawa pulang. Hingga akhirnya sadar si maling itu. (Wiyono Agung Sutanto)

Read previous post:
Pisang Raja Jaga Fungsi Ginjal

 ANEKA jenis pisang sudah dikenal masyarakat luas, misalnya ada pisang raja, kepok, emas, tanduk dan Ambon. Selain mempunyai banyak kandungan

Close