PARA PENUNGGU PERPUSTAKAAN (1) – Terdengar Pintu Dibuka dan Langkah Kaki

POTONGAN gemuruh hujan kian manja, suaranya meletup ke gendang Hari berkali-kali. Dirinya tak memperdulikan tibanya hujan di luar, mata hanya terpaku pada tulisan-tulisan di atas lembaran buku.
“Pak, masih belum ketemu datanya?” tanya Wahid sambil menunjuk jam dinding kepada Hari tanda bahwa sudah larut sore.

Hari menggelengkan kepala dan tidak menjawab sepatah kata pun. Wahid justru ditinggal pergi olehnya ke arah bilik lemari sudut dalam perpustakaan. Karena dibuatnya sebal Wahid pergi meninggalkan lelaki yang tengah dicumbu oleh buku.
“Pak Hari, tak tinggal dulu ya!” teriak Wahid yang suaranya makin sayup, “Tidak saya kunci! Nanti kalau sudah selesai minta diingatkan satpam untuk menguncinya!” kembali ia menjelaskan dan meninggalkan Hari sendirian.

Memahami pesan tersebut, terlihat suasana perpustakaan kian sepi. Tugas mencari data untuk soal-soal ujian siswa dipercepat oleh Hari, terlebih ini sudah pukul empat sore.
Semenjak pandemi berumur lebih dari satu tahun, perpustakaan sekolah kering aroma orang-orang, buku-buku pun tampak menganggur, petugas yang biasanya diisi tiga orang kini terjadwal cukup seorang saja di setiap harinya.

Petir bergelegar, sontak membuat pandangan Hari melirik ke bibir jendela. Teramat mendung dan rimbunnya hujan, “Duh, kasihan pak Wahid basah kuyup sampai rumah.” Ucap dirinya sambil menutup tirai jendela. Catatan demi catatan dipercepat takut listrik mati, namun tiba-tiba terdengar pintu depan terbuka disertai derak langkah kaki.

Hari tidak bisa melihat orang yang masuk karena ruangan terlalu besar serta tertutup rak buku berbiku-biku. Mungkin satpam yang bertugas mengecek ruangan seperti biasanya, penasaran didekatilah sumber suara tersebut. Terlihat sosok Wahid berjalan menuju tempat minum di sebelah pintu masuk perpustakaan.
“Hujan kan Pak. Pulangnya nanti saja, nunggui aku dulu.” Terang Hari. (Ichsan Nuansa)

Read previous post:
Real Madrid Perpanjang Asa Rebut Gelar La Liga

REAL Madrid memperpanjang harapan untuk merebut gelar juara kompetisi Liga Spanyol La Liga, usai menak telak 4-1 atas tuan rumah

Close