ZIARAH KE MAKAM KYAI LANGGENG (1) – Suka Semedi di Tempat-tempat yang Angker

KYAI Langgeng adalah tempat Wisata yang ada di Jawa Tengah tepatnya di jalan Cempaka no 5 Magelang.Banyak sekali para pengunjung yang datang ke tempat itu lebih-lebih pada hari libur.Keadaan alamnya cukup bagus redup karena ditumbuhi beraneka ragam tetumbuhan.
Di siang hari hawanya sejuk karena selalu ada hembusan angin sepoi-poi basah yang menyebabkan para pengunjung Kyai Langgeng merasa senang ditempat itu.Akan menikmati apa saja ada di situ.Ingin naik kereta mengelilingi tempat wisata itu sudah tersedia kereta.Bila ingin naik perahu juga sudah tersedia tinggal bayar saja.

Kalau membawa anak kecil permainan anak-anak sudah ada semua.Demikian juga kebun binatang sudah tersedia,disitu ada binatang-binatang seperti berjenis jenis burung, kera, tupai, musang, celeng dan ular.Hanya binatang yang besar-besar seperti gajah,Jerapah,kuda nil,singa disitu memang tidak ada.

Di tengah taman wisata itu ada makam,yang dimakamkan di situ adalah Kyai Ageng Suryakusuma atau Kyai Langgeng.
”Siapakah Kyai Langgeng itu?”. Biasanya tanya kepada juru kunci agar mengetahuinya tetapi di Kyai Langgeng tidak ada juru kuncinya maka penulis harus mencari sumber-sumbernya sendiri.

Penulis wawancara dengan orang-orang yang usianya 80 tahun lebih, mencari lewat internet dan buku-buku sejarah. Akhirnya penulis menemukan bahwa Kyai Langgeng itu penasehat Pangeran Dipanegara dia adalah Ulama yang terkenal di wilayah Yogyakarta dan Jawa Tengah.
Dibya Anggara (nama samaran) adalah teman saya ia seorang petani yang berhasil. Sawahnya ada dua tempat kurang lebih ada ½ hektar. Dan juga mempunyai pekarangan yang cukup luas.

Padi adalah hasil sawahnya yang paling favorit, tiga bulan sekali pasti panen padi. Jadi kebutuhan beras harian tidak pernah membeli bahkan sampai menjual berasnya. Di samping hasil beras hasil kelapanya tiap bulan bias memetik minimal 200 butir.
Pak Dibya Anggara suka semedi, ziarah dan pergi ketempat-tempat yang angker. Yang pernah dikunjungi adalah: Makam Imogiri,makam Sunan Gunung Jati, Gunung Kawi dan Gunung Kemukus.

Dia mempunyai rencana akan ziarah kemakam Kyai Langgeng yang ada di Magelang. Ia mengajak tetangganya yaitu Sabari (nama samaran) untuk menemaninya. Sabari adalah seorang buruh serabutan yang sudah terkenal di wilayahnya. Hampir setiap hari ia mendapat order. Sering ia membantu tukang,sering membawakan barang dagangan (kelapa, cabai, buah-buahan) ke pasar. (Subagyo)

Read previous post:
Terpaksa Harus Berpisah

RASA senang lulus SMA tak lama dinikmati. Untuk selanjutnya, Gina kembali deg-degan ketika menunggu hasil seleksi masuk perguruan tinggi. Harapnnya,

Close