Nyaris Digondhol Penghuni Resan

JAM menunjukan pukul 01.00 pagi, Nisa yang barus berusia 5 tahun terbangun dan mendapati ibunya tidak ada. Ayahnya pun juga belum pulang dari “nyuluh”. Nisa bingung, “Kemana ibu? Paling ke kamar mandi, aku susul ah,” gumamnya.
Nisa pun beranjak dari tempat tidur dan bergegas ke kamar mandi, namun saat berjalan melewati dapur yang masih gelap dia melihat ibunya sedang menghidupkan api dengan kayu bakar. Ragu-ragu dia mendekati sambil memanggil “Bu..Ibu…Ibu sudah mau masak?”
Namun si ibu tak menjawab, hanya diam dan terus menata kayu ke tungku.
“Bu…Bu…” panggil Nisa lebih keras lagi.

Tak lama Nisa mendengar ibu berteriak, tapi sumber suara bukan dari dapur melainkan dari kamar mandi “Nisa.. Ibu di sini ….di kamar mandi.”
Nisa kaget dan bingung “:ha gek itu siapa Bu, yang di dapur,” kata Nisa dengan suara parau dan seluruh tubuhnya gemetar.
Ingin rasanya Nisa lari, tapi kakinya sama sekali tak bisa digerakkan. Ibu yang sedang di kamar mandi berlari menemui Nisa dan langsung menggendongnya. “Ayo Nis, balik ke kamar,” sambil tangan ibu menutup mata Nisa.
Karena ibu Nisa juga takut, ia membangunkah simbah kakung “Pak…Pak.. Bangun to, Nisa ki diweruhi Pak..” teriak ibu kencang sambil menggendong Nisa.

“Opo? Nisa diweruhi?”
“Iya Pak. Aku tadi di kamar mandi tapi Nisa lihat orang mirip aku di dapur, padahal kosong Pak,” cerita ibu Nisa pada simbah kakung.
“Oalah. Makannya anak kecil itu jangan ditinggal lama-lama, itu pasti Meri penunggu resan. Untung kamu tadi gak nyusul Meri, nek nyusul wes digondhol kamu nok” papar simbah sambil mengusap kepala Nisa yang hanya terdiam, takut.
“Wis sekarang Nisa tak pangku, gek kamu cari sapu lidi gerang buat gepyokki dapur, ben lungo Merine,” perintah simbah ke ibu. Ibu pun bergegas gepyokki dapur tempat si Meri tadi. Semenjak itu Nisa tak pernah melihat si Meri lagi. Konon Meri itu ingin menculik anak-anak dan rumahnya berada di resan, pohon besar yang diberi kain mori. – Semua nama samaran. (Isna Isn)

Read previous post:
KERAJAAN KALINGGA DI BAWAH PEMERINTAHAN RATU SHIMA (2) – Dominasi Kekuasaan Membuat Sang Ratu Resah

Di bawah kepemimpinan Ratu Shima, Kerajaan Kalingga berkembang menjadi negara yang kuat dan disegani kerajaan tetangaa. Begitu pun di dalam,

Close