Menemukan Batu Ungu Sawer Wisa

TANPA sengaja Tardi menemukan batu berwarna ungu sebesar telur ayam, penemuannya waktu itu saat bersamaan booming batu akik beberapa tahun yang lalu. Iapun menganggap batu yang ditemukan sama seperti batu-batu akik yang lain. Tapi sebelum penemuan, ia mengalami kejadian mimpi yang membuatnya merinding. Dirinya melihat ular memakai mahkota berwarna ungu namun ia menganggap mimpi biasa sebagai bunga tidur.

Ketika itu ia memancing ikan di kedung Pring, saat duduk di sebuah batu ia melihat batu berwarna ungu sebesar telur di sampingnya. Batu lalu dibawa pulang iapun menganggap batu yang ditemukan batu akik pada umumnya.
Pada malam harinya ketika tidur ia dikagetkan suara-suara glodakan dari laci meja dimana ia menyimpan batu itu. Tardi memberanikan dirinya membukanya. Ia kaget, batu memancarkan sinar berwarna ungu beberapa saat kemudian meredup, ketika dipegang batu terasa panas.

Tardi kemudian menceritakan keganjilan batu pada ayahnya. Atas saran sang ayah Tardi disuruh membawa batu itu pada pakde Supar, pamannya yang tahu dengan hal-hal yang berhubungan dengan supranatural.
Esok harinya Tardi membawa benda itu ke rumah pakdenya. Sang paman tersenyum. “Kau beruntung menemukan batu ini, batu sawer wisa namanya. Konon menurut cerita batu berasal dari semburan bisa ular naga ungu itu terjadi jutaan tahun yang lalu, bisa membatu menjadi fosil mungkin salah satunya batu ini”.

“Tapi apa keistimewaan batu ini pakde, apa seperti batu akik biasa”?
“Yah batu ini bisa dibuat mata cincin, tapi batu ini bisa menyedot racun binatang berbisa seperti ular, kalajengking dan binatang berbisa lainnya. Dengan diletakan di tempat yang terkena bisa, Namun hal itu harus dilakukan oleh seorang yang tahu ilmunya.”
“Kalau begitu biar pakde saja yang menyimpan, mudah-mudahkan bisa dimanfaatkan untuk membantu orang yang membutuhkan pertolongan.” -Semua nama samaran

. (Siswanto)

Read previous post:
Bantul Kucurkan Rp 9,4 M Tangani Covid-19

BANTUL (MERAPI)- Menghadapi penyebaran Covid-19 yang cukup cepat, Pemerintah Kabupaten Bantul meminta agar masyarakat menaati imbauan yang telah disampaikan. Sehingga

Close