Ada Suara Gaduh Sampai Subuh

BANYAK orang tidak percaya. Namun begitulah kenyataannya. Sartubi, perempuan usia tigapuluh dua tahun itu mempunyai suami…jin. Sudah cukup lama perempuan yang dalam KTP- nya berstatus ‘tidak kawin’ itu diperisteri oleh jin.
Bukan tanpa maksud dan tujuan Sartubi yang bertubuh montok itu sudi diperisteri oleh makhluk tidak kasat mata. Sejak menjadi isteri jin, Sartubi berlimpah harta. Bagi dia, harta benda duniawi adalah segalanya.
Padahal, menurut orang yang mahfum akan hal itu, berhubungan badan dengan jin adalah sesuatu yang amat tidak nikmat. Makhluk jin, ketika hasrat seksualnya sedang memuncak, aroma tubuhnya sangat membuat tidak nyaman. Ibaratnya semua bau busuk bercampur menjadi satu.

Ada bau seperti bau bangkai tikus, bau kotoran kucing, kotoran manusia, dan bau- bau lainnya yang mewarnai indera penciuman. Namun demi mendapatkan harta, Sartubi tidak peduli dengan itu semua.
Malam itu Sarman, Dipo, Uut, dan Pakde Sonto bertugas ronda. Jam satu dini hari keempatnya berkeliling kampung sambil memunguti beras jimpitan. “Lho ada apa itu Pakde? Di dalam rumah Yu Sartubi kok terdengar suara gaduh?!”, tanya Uut kepada Pakde Sonto.

Pendengaran Uut tidak keliru. Keempat peronda tersebut lalu mendekat ke rumah Sartubi. Dan menjereng- jereng telinga mereka. Jelas terdengar dari dalam rumah Sartubi. Suara gedubrak- gedubruk tidak henti- hentinya. Sepertinya orang sedang bertengkar dan melempar- lempar barang. Praaang…! Terdengar suara piring dilempar dan hancur di lantai.
“Aku tidak sudi lagi menjadi suamimu. Kamu ingkar janji”, terdengar suara parau dan serak dari seorang pria.
“Lho apa salahku?”, tukas Sartubi.

“Kamu telah bermain cinta dengan seorang pemuda tampan. Jangan sangka aku tidak mengetahui”, suara parau itu terdengar lagi. Dengan nada sangat marah.
“Aku menyesal, Kang. Sumpah, tak akan aku ulangi. Jangan tinggalkan aku ya, Kang…”, ujar Sartubi seraya menangis.
Dari Mbah Sawabi akhirnya terjawab teka- teki suara gaduh di kala subuh itu. Jin yang adalah suami Sartubi akan menceraikan Sartubi. Sartubi yang gila akan harta duniawi sangat keberatan dengan hal itu. – Semua nama samaran. (FX Subroto)

Read previous post:
KORBAN POHON TUMBANG BERPINDAH-PINDAH RUMAH SAKIT-Belum Terima Bantuan, Sudah Habiskan Rp 21 Juta

SLEMAN (MERAPI)- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) berencana memberikan bantuan kepada Endi Yogananta dan Israni

Close