Penunggu Kebon Suwung Suka Marah-marah

KEBON suwung punya Pak Dibyo yang selama ini ditanami buah-buahan sekarang jadi tidak berarturan, karena para penduduk membuang sampah di situ secara sembarangan. Hal itu menjadikan kotor dan kumuh.

Padahal sudah diberi tulisan dan imbauan agar tidak membuang sampah di tempat tersebut. Namun para penduduk nekad saja membuangnya tanpa menghiraukan tulisan dan apapun larangan itu.

Bahkan agar tidak diketahui oleh orang lain, para pembuang sampah itu diam-diam membuang sampahnya pada pagi menjelang Subuh. Bahkan ada pula yang pada malam hari atau tengah malam.

Itu pula yang dilakukan oleh Pardi, yang sudah berniat untuk membuang sampah di pagi buta . Namun saat akan membuang sampah di situ, ia dikejutkan oleh penampakan wewe gombel. Dengan wajah yang menakutkan dan menjijikan, makhluk itu marah-marah pada Pardi. Tak pelak, Pardi pun lari tunggang langgang, dan tidak jadi membuang sampahnya.

Begitu juga saat Maryati, wanita malas dan kemproh, selalu membuang sampah di situ. Bahkan sesekali ia membuang hajat disitu pula. Tiba-tiba saat akan melayangkan aksinya membuang sampah dan BAB, dari belakang terasa ada yang mendorongnya sampai jatuh tersungkur. Tak ayal, Maryati gabres-gabres karena terkena kotorannya sendiri.

Setelah ditoleh, ternyata ada seorang nenek tua renta yang memaki-maki dirinya dengan sangat marahnya. Melihat pemandangan yang menyeramkan itu, Maryati spontan lari tunggang langgang. Taklama kemudian ia terjatuh tak sadarkan diri.
Akhirnya Maryati ditemukan para peronda yang sedang keliling. Setelah siuman dia bercerita apa yang dialaminya. Sejak kejadian itu, para penduduk enggan membuang sampah di situ. Kemudian dilakukan gotong royong untuk membersihkan kebon suwung tersebut, agar tak ada lagi penampakan makhluk menyeramkan yang suka marah-marah. -Semua nama samaran –(Wijaya Heru Santosa)

Read previous post:
Menjadi Pelajaran

LAMUNAN Jarino pecah ketika pundaknya dijawil seseorang. "Bapak orang tua dari salah satu anak itu?" tanya orang tersebut, yang ternyata

Close