Rehab Rumah Tiap Malam Jumat Kliwon

BEGINILAH problem bagi sebuah keluarga yang belum mempunyai rumah sendiri. Harus mau menjadi ‘kontraktor’. Ngontrak sana ngontrak sini.

Seminggu lalu Pak Haru mendapat rumah kontrakan baru. Melihat sekilas, dia dan keluarganya kurang sreg dengan kondisi lingkungan rumah tersebut.

Persis di samping kiri rumah itu berdiri bekas bangunan tua. Atap dan kerangka bangunan tersebut sudah runtuh. Hanya menyisakan tembok yang penuh dengan tumbuhan liar menjalar dan lumut warna hijau, kondisinya sangat lembab.
Lima hari tinggal di rumah kontrakan baru tersebut, di tengah malam Pak Haru kaget. Telinganya mendengar suara gaduh, riuh, dan orang berceloteh Sesekali terdengar suara tok…tok…tok…tok..! Palu dipukulkan ke paku yang menancap kayu.

Pak Haru melongok keluar. Ingin mengetahui apa gerangan yang terjadi di bangunan tua sebelah rumah, pada tengah malam begini.

Aneh. Ternyata…berpuluh orang laki-laki sedang bekerja sepertinya merehap rumah sebelah. Mereka bekerja cekatan sekali. Kerangka bagian atas sudah terpasang. Tinggal memasang gentingnya. “Elok tenan. Mereka bekerja seperti Bandung Bondowoso,” ujar Pak Haru dalam hati.

Keesokan harinya seperti biasa pada jam lima Pak Haru bangun dan keluar rumah akan joging. “Lho kok?!” ujarnya heran. Dia melihat bangunan tua di sebelah rumahnya masih seperti kemarin-kemarin. Berupa tembok yang dipenuhi tumbuhan lumut dan tanaman menjalar. Padahal, semalam sudah direhap, tinggal memasang genting.

“Yah, begitulah keadaan di bangunan tua tersebut setiap malam Jumat Kliwon dan Selasa Kliwon, Mas. Selalu ada gugur gunung merehap bangunan tua tersebut. Mereka adalah makhluk halus yang menghuni bangunan tua itu”, cerita Pak Arbani, sesepuh dusun yang faham seluk- beluk bangunan tua itu.

Tidak aneh jika suara gaduh di sepanjang malam itu membuat orang yang mengontrak rumah di sebelahnya selalu menjadi tidak kerasan.

Pak Haru menengok kalender. Benar, jika kemarin adalah hari Kamis Wage atau malam Jumat Kliwon. Pak Haru pun berpikir akan berpindah saja dari rumah tersebut. “Tetapi, aku menempati rumah kontrakan ini belum ada satu bulan je,: ujar Pak Haru dalam hati. –Semua nama samaran – (Andreas Seta RD)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Anggur Brazil Cegah Serangan Kanker

IKHTIAR meraih atau mewujudkan sehat jiwa dan raga sangat beragam. Termasuk di antaranya menerapkan jurus alami, alias memanfaatkan bahan-bahan alami

Close