Disana Senang Disini Senang

WARGA dusun Pringwungu tahu, jika Mak Dirsam (bukan nama sebenarnya), perempuan estewe yang tubuhnya bahenol itu suka berakrab ria dengan brondong atau jejaka muda. Suaminya yang jengkel dengan ulahnya akhirnya menjatuhkan talak. “Jadi janda malah bebas…,” ujar Mak Dirsam enteng.

Tetangganya pada geleng kepala ketika dia sendiri berujar, jika brondong simpanannya bukan manusia biasa. Tetapi…makhluk halus berupa gendruwo. Tentu saja dalam penampilannya, gendruwo tersebut berwujud cowok ganteng dengan tubuh perkasa.

Akibat dari berakrab ria yang terlalu bebas, tumbuh janin di dalam perut Mak Dirsam. Dan pada saatnya lahirlah seorang bayi laki-laki dari rahimnya. Perempuan bahenol itu tidak kaget atau menyesal ketika mendapati bayi yang dilahirkan seluruh tubuhnya ditumbuhi rambut tebal.

Tak hanya itu, bayi tersebut ketika menangis suaranya gemleger bagai suara orang lelaki dewasa. Meski begitu bayi yang lain dari biasanya itu tetap disayang dan diberi minum ASI oleh Mak Dirsam.

Dengan berjalannya waktu, tidak terasa anak Mak Dirsam yang diberi nama Aldum (nama samaran) beranjak menjadi ABG. Seperti remaja lainnya, Aldum amat gemar bermain sepakbola. Aneh. Dalam bermain bola, kelompok Aldum selalu menang. Tidak pernah satu kali pun mengalami kekalahan.

Melihat itu semua Mak Dirsam bangga, namun juga kerap dibuat galau. Pasalnya, selesai bermain sepakbola, Aldum sering tidak pulang. Bahkan sudah seminggu ini Aldum tidak kunjung pulang seusai bermain bola.

“Dimana saja seminggu ini kamu, Dum?” tanya Mak Dirsam sewot.

“Di sana, Mak. Mamak gak usah khawatir. Di sana aku senang, di sini aku juga senang,” jawab Aldum kalem. Dicecar pertanyaan Emaknya, akhirnya Aldum mengaku. Yang dimaksud “di sana” ternyata adalah di rumah ayahnya yang tidak lain tidak bukan adalah gendruwo penghuni rumpun bambu di pojok desa tetangga.

“Aku ingin berbagi, Mak. Tinggal di sini bersama Emak, sesekali tinggal di sana bersama Ayah,” ujar Aldum lugu. (Andreas Seta RD)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
526 ASN Sukoharjo Terima SK Kenaikan Pangkat

SUKOHARJO (MERAPI) - Sebanyak 562 orang aparatur sipil negara (ASN) Pemkab Sukoharjo menerima surat keputusan (SK) kenaikan pangkat periode April.

Close