Kyai Beleh yang Ngrejekeni

DI dunia pedalangan, ada banyak fenomena menarik, baik itu berkaitan dengan wayangnya, gamelan, maupun mantra dan keris yang sering digunakan ki dalang. Berkaitan dengan wayang, umumnya ada beberapa figure wayang yang sering dikeramatkan ki dalang. Salah satunya adalah figure wayang Batara Guru. Ada pula yang memberi penghargaan khusus pada tokoh Dewa Ruci, Anoman, dan lainnya.

Sesuatu yang mungkin aneh, jika ada keluarga mengkeramatkan figur wayang Dasamuka atau Rahwana. Namun hal itu pernah terjadi pada sebuah keluarga dalang di wilayah Kasihan, Bantul. Dalang tersebut memiliki dua anak laki-laki dan satu anak perempuan. Pada usia uzurnya dalang tersebut hendak mewariskan wayang kepada kedua orang putranya.

Ketika wayang dihitung dan dibagi rata pada kedua putranya, semua menerima. Namun ketika sampai pada figur Dasamuka yang jumlahnya hanya satu biji dan garapan wayang tersebut terbilang istimewa, tidak ada satu pun yang mau mengalah. Karena saking jengkelnya, dalang tersebut mengambil gobang dan memotong (menyembelih) wayang Dasamuka tersebut menjadi dua bagian. Kedua anak dipersilakan memilik bagian kepala atau badannya. Namun entah bagaimana jalan ceritanya, kedua putra tersebut justru tidak memiliki kedua-dua bagian itu. Justru anak putrinyalah yang kemudian menyimpan warisan wayang Dasamuka itu. Wayang Dasamuka itu pun kemudian diberi nama Kyai Beleh, setelah bagian kepala dan badannya disatukan kembali. Istilah beleh karena wayang itu dulunya disembelih.

Putri dalang pemilik Kyai Beleh itu selalu menyapa dan sambat pada Kyai Beleh jika menemui kesulitan dalam berdagang. Anehnya pula dagangannya kemudian laris manis. Entah kebetulan atau memang hasil kerja kerasnya, namun yang pasti putri dalang tersebut kemudian dikenal sebagai salah satu orang yang kaya raya. (Albes Sartono)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Bubur Jagung Perlancar Air Seni

HASIL pertanian wujud jagung, antara lain dapat dimanfaatkan menjadi makanan enak dan menyehatkan. Cukup mudah diwujudkan, misalnya dengan direbus ataupun

Close