Alunan Biola di Rumah Tua

MALAM itu Bu Ria (nama samaran) sengaja ke sekolah, karena ada sesuatu yang tertinggal di sekolah. Afa yang harus diambilnya malam itu juga, lantaran terdesak perlengkapan akreditasi sekolah. Oleh karena itu, meskipun malam sudah larut tetaplah Bu Ria pergi ke sekolah. Toh di sekolah nanti ada security dan penjaga sekolah, katanya dalam hati.

Benar juga, setelah bergegas ke sekolah maka bertemulah Bu Ria dengan security sekolah dan di antarnya untuk menuju ruang guru. Saat itu suasana gelap, karena listrik dimatikan agar hemat mengingat malam hari tidak ada aktivitas.

Setelah yang dicari ketemu, Bu Ria pun bergegas meninggalkan sekolah dengan agak takut. Maklum, tak biasa ia keluar malam apalagi dari rumah ke sekolah yang jaraknya agak jauh serta harus melewati sawah ladang dan perkebunan kosong. Juga sebuag rumah tua yang kosong.

Tak berapa lama sampailah Bu Ria di tikungan ujung desa yang juga melewati rumah kosong di ujung kampung, yang dibatasi oleh sungai kecil dan persawahan. Tiba-tiba terdengar sayup-sayup suara merdu gesekan biola. Sangat syahdu didengarnya. Karena perasaan takut, maka pendengaran itu diabaikan saja dan ingin secepatnya sampai di rumah

Keesokan harinya, peristiwa tadi malam di ujung desa tikungan rumah kosong yang terdengar sayup-sayup gesekan biola, diceritakan pada penjaga sekolah yang asli desa tersebut. Ia juga sudah lama tinggal di situ, termasuk nenek moyangnya.

Kata si penjaga sekolah, rumah itu dulu dihuni.oleh orang asing yang memang suka musik klasik. Beberapa puluh tahun yang lalu, anak gadisnya yang juga pandai bermain biola tiba tiba meninggal tanpa diketahui penyakitnya.. Setelah kematian putrinya itu, seluruh keluarga hijrah entah kemana dan mengosongkan rumah sejak lama

“Memang sesekali terdengar gesekan biola dari arah rumah kosong itu, Mungkin arwah anak gadis yang memainkan biola,” kata pak penjaga sekolah.

Hal ini juga sering diketahui oleh peronda yang lewat di depan rumah kosong itu. Mereka sering mendengar alunan gesekan biola, namun bapak-bapak peronda tak pernah menghiraukan karena dianggap sudah biasa. (Aris Irianti)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Mobil Rental Tidak Kembali Lapor Polisi

SEMARANG (MERAPI) - Aksi penggelapan mobil rental di Semarang belum juga surut. Kali ini, sesuai dilaporkan kepada aparat Polrestabes Semarang,

Close