SEPAK TERJANG NYIMAS GAMPARAN (5-HABIS) – Berpegang Teguh pada Ajaran Islam Hingga Akhir Hayat

Satu-persatu pasukan Nyimas Gamparan gugur di medan pertempuran begitu juga pasukan Tumenggung Kartanata Nagara. Pertikaian antarpribumi menjadi bukti kelicikan pemerintah kolonial Belanda dan betapa dahsatnya politik pecah belah atau adu domba. Semakin lama pasukan Nyimas Gumparan mulai kewalahan. Banyaknya jumlah pasukan Tumenggung Kartanata Negara menjadi salah satu alasan di kubu Nyimas Gamparan mulai kehilangan kendali.

SALAH seorang prajurit berlari dan mencoba menyelamatkan Nyimas Gamparan dari serangan musuh. Melihat pemimpinnya bersimbah darah semangat pasukan Nyimas Gamparan pun padam. Akhirnya pasukan Nyimas Gamparan berhasil dipukul mundur. Tumenggung Kartanata Nagara berhasil menyelesaikan misi. Ia pun dengan bangga membawa kabar bahagia.

Semantara itu pasukan Nyimas Gamparan sedang bermuram durja. Nyawa Nyimas Gamparan tak terselamatkan. Sementara ditempat lain Kartanata Nagara bersama kolonial Belanda sedang berpesta pora merayakan peperangan. Ia pun mendapat anugerah dari Kumpeni sebagai Bupati Rangkasbitung pertama (1830-1865) dengan gelar Raden Tumenggung Adipati Kartanata Nagara.

Duka yang mendalam turut mengiringi kepergian Nyimas Gamparan. Taka da lagi sosok heroik pendekar perempuan yang selama ini menjadi ujung tombak keberhasilan di setiap pertempuran. Keberanian dan kegigihannya menyuarakan keadilan bagi rakyat pribumi akan menjadi cambuk bagi generasi penerusnya. Nyimas Gamparan disemayamkan di daerah Pamarayan, Serang, Banten. Pasukan Nyimas Gamparan pun tak lupa mengunjungi makam beliau sembari mengirimkan doa untuknya. Hingga saat ini petilasan Nyimas Gamparan ramai dikunjungi dan sudah menjadi cagar budaya. Lebih tepatnya petilasan tersebut berada di Kampung Kadukacapi. Tempat tersebut juga diyakini sebagai tempat Nyimas Gamparan menyebarkan syiar Islam kepada para pengikutnya.

Nyimas Gamparan merupakan seorang muslim yang taat hingga di akhir hayatnya ia berpegang teguh pada ajaran Agama Islam. Perjuangan untuk menegakan ajaran agama Islam tidak semata-mata hanya mengajarkan ilmu agama saja. Ia juga mengajak para pengikutnya berperang melawan kezaliman penguasa untuk menghentikan penderitaan dan kerusakan di muka bumi. Tak heran Nyimas Gamparan menjadi salah satu pendekar perempuan yang hingga kini jasa-jasanya dikenang oleh masyarakat Banten.

Antusias warga mengunjungi petilasan Nyimas Gamparan merupakan bukti nyata kecintaan masyarakat dan menghargai jasa-jasa beliau. Letak petilasan Nyimas Gamparan berada di atas bukit jalannya cukup terjal. Pengunjung perlu menaiki anak tangga dan menyeberangi sungai untuk sampai dilokasi.

Petilasan Nyimas gamparan terdapat sebuah bangunan sekira 15×10 meter. Bangunan tersebut berada di tengah perkebunan dan memiliki dua ruangan. Ruangan pertama untuk para peziarah. Ruangan kedua tempat yang diyakini sebagai petilasan Nyimas Gamparan duduk saat menyebarkan ajaran agama Islam kepada masyarakat. Ruangan tersebut ditutup kain kafan sehingga pengunjung tidak dapat melihat jelas. Tidak jauh dari petilasan terdapat sebuah sumur bernama Ciwasiat yang diyakini memiliki berbagai macam khasiat. Pengunjung biasanya menggunakan air tersebut untuk minum dan berwudu. Nyimas Gamparan juga meninggalkan peninggalan alat musik gamelan berupa Gambang Caning dan Gong Suprayoga. Konon alat musik tersebut digunakan Nyimas Gamparan untuk memanggil masyarakat agar berkumpul di kediamannya.

Dari kisah tersebut banyak hikmah yang dapat diambil dari pendekar perempuan Nyimas Gamparan. Memaknai ajaran Agama Islam tidak hanya sebatas teori tetapi beliau juga mengamalkannya dalam kehidupan. Sampai titik darah penghabisan beliau berjuang untuk menumpas kezaliman. Dari cerita tersebut kita juga dapat memahami eksistensi perempuan dalam berjuang melawan penjajah patut diperhitungkan. (Iis Suwartini UAD)

Read previous post:
Berbahan Jahe Hindarkan Masuk Angin

 MINUMAN berbahan rimpang jahe cukup beragam jenisnya. Selain wedang jahe, sebagian jenis minuman tradisional pun menggunakan tambahan jahe. Antara lain

Close