LEGENDA GUNUNG BAGUS GUNUNGKIDUL (6) – Minta Bantuan pada Pasukan Kumpeni

Senopati perang Mataram memutuskan untuk menarik pasukannya kembali ke kerajaan. Apapun risiko yang harus ditanggung saat menghadap Gusti Sultan nanti, senopati siap menerimanya. Faktanya, pasukan Blimbing memang terlalu kuat dan sudah siap menghadapi serangan pasukan kerajaan.

MENDENGAR pasukan yang dikirim ke Blimbing mengalami kekalahan memalukan, Gusti Sultan semakin murka. Sebagai pemimpin sebah kerajaan besar, Gustin Sultan tak bisa menerima diperlakukan salah satu wilayah kecil yang selama ini selalu rajin mempersembahkan upeti. Sekarang urusannya bukan sekadar antara Rara Pembayun dengan Jaya Ketok, namun Gusti Sultan sudah bertekad harus benar-benar memberi pelajaran pada Rangga Blimbing, agar rangga-rangga lain tidak mengikuti jejaknya. Jika hal itu terjadi, maka kewibaan kerajaan akan jatuh dan bukan tidak mungkin akan terjadi pemberontakan di mana-mana.

Namun Gusti Sultan belum menemukan cara, bagaimana harus memberi pelajaran pada Rangga Blimbing. Sementara pasukannya yang dikirim, ternyata mengalami kekalahan memalukan. Gustu Sultan pun minta masukan kepada para penasihatnya, untuk mengatasi masalah yang sedang terjadi.
“Ampun Gusti Sultan, mungkin kita bisa minta bantuan pada kumpeni. Mereka tentu punya pasukan dengan persenjataan yang lebih kuat,” kata seorang penasihat.
Gusti Sultan tersenyum. “Mengapa tidak terpikirkan sejak tadi,” pikirkan.

“Usulan bagus. Rangga Blimbing tidak boleh diberi hati. Cepat kirim utusan untuk minta bantuan pada Kumpeni,” kata Gusti Sultan.
Utusan pun segera dikirim dengan membawa nawal dari Gusti Sultan, yang isinya minta bantuan pasukan untuk menyerang Blimbing yang telah melakukan pemberontakan. Permintaan ini langsung disambut oleh pihak Kumpeni, karena hal ini memang udah ditunggu-tunggu. Kumpeni selalu memanfaatkan situasi keruh agar bisa masuk dalam pertikaian. Dengan demikian, jika suasana sudah reda, pihaknya bisa mengambil manfaat dari pihak yang dibantu. Sekarang kerajaan Mataram minta bantuan untuk membasmi pemberintakan di sebuah rangga, maka Kumpeni harus bisa menafaatkannya.

Satu barisan pasukan lengkap dengan persenjataan yang canggih pun disiapkan. Mereka bergabung dengan pasukan Mataram yang masih tersisa, sehingga membentuk pasukan gabungan. Dengan gagahnya, pasukan gabungan itu pun kembali meluncur menuju Blimbing. Tujuannya hanya satu, menghacurleburkan pasukan Blimbing, yang tentunya sedang lengah setelah merasa berhasil memukul mundur pasukan kerajaan. (Dari berbagai sumber/*)<P

Read previous post:
Cegah Sakit Jantung Dengan Vanili

VANILI tak hanya sekadar untuk mendukung lezatnya suatu makanan, namun juga memiliki beberapa manfaat atau khasiat kesehatan. Dengan kata lain,

Close