LEGENDA GUNUNG BAGUS GUNUNGKIDUL (4) – Tetap Menjalin Hubungan Secara Rahasia

Gusti Sultan berpikir keras, untuk bisa menyelasaikan masalah yang pelik ini. Jika untuk menyelesaikan masalah kerjaan, Gusti Sultan bisa bertindak dengan tegas, namu tentunya tidak demikian halnya dengan kasus ini. Karena Gusti Sultan menyadari ini menyangkut hati seorang putri yang sedang dimabuk cinta.

GUSTI Sultan akhirnya memutuskan akan megambil keputusan yang dianggapnya paling bijaksana. Pihak-pihak yang terkait, mulai dari Jaya Ketok, Rara Pembayun dan juga Rangga Blimbing dipanggilnya untuk menghadap. Dalm susasana kekeluargaan, Gusti Sultan pun memberi nasihat kepada mereka, agar sama-sama menyadari kedudukan masing-masing. Karena itu, Gusti Sultan memberi saran agar hubungan antara Jaya Ketok dengan Rara Pembayun tidak dilanjutkan karena bisa menimbulkan masalah di kemudian hari.

Tidak lupa Gusti Sultan memberi pesan kepada Rangga Blimbing, agar memberi pengertia kepada Jaya Ketpk, bahwa apa yang dilakukannya selama ini tidaklah baik. Meski nasihat yang disampaikan Gusti Sulta kelihatannya sangat halus, namun sebenarnya di dalamnya mengandung ancaman berat. Hal inilah yang rupanya tak disadari benar oleh Jaya Ketok dan Rara Pembayun, karena mereka memang sudah telanjur dimabuk cinta.
Usai menghadap Gusti Sutan, Rangga Blimbing pun memberi nasihat kepada Jaya Ketok, agar mematuhi perintah raja. Rangga Blimbing sebenarnya mengetahui bagaimana perasaan orang yang sedang jatuh cinta. “Namun kamu harus tahu, kita beda kelas dengan Raja. Jika kamu lanjutkan hubunganmu dengan Rara Pembayun, pasti tidak akan baik jadinya,” kata Rangga Blimbing.

Jaya Ketok hanya mengangguk-angguk saja mendengar nasihat ayahnya. Rangga Blimbing pun yakin, anaknya pasti akan menuruti nasihatnya. Namun sebenarnya di dalam hati Jaya Ketok sangat berat sekali. Rasa cintanya pada Rara Pembayun sudah tak bisa ditawar lagi. Dalam beberapa hari ia masih bisa menahan, namu lama kelamaan, keinginan untuk bertemu Rara Pembayun tak bisa dibendung lagi.

Dengan menyelinap jalan rahasia yang biasa ia lewati, Jaya Ketok pun nekat untuk menemui kekasihnya. Ia ingin tahu, bagaimana tanggapan Rara Pembayun dengan keinginan Gusti Sultan untuk memisahkan mereka. Begitu melihat sosok pemuda pujaannya datang, Rara Pembayun ternyata juga tak bisa menahan diri. Ia langsung menghambur dalam dekapan Jaya Ketok sambil menangis.
“Kanda jangan tinggalkan dinda,” kata Rara Pembayun sambil memeluk tubuh Jaya Ketok dengan eratnya.

“Tidak mungkin Kanda meninggalkan Dinda. Apapun yang akan terjadi, Kanda akan selalu mendampingi Dinda,” jawab Jaya Ketok yang sudah sangat rindu sekali meski baru beberapa hari saja tidak ketemu pujaaan hatinya itu.
Setelah pertemuan itu, keduanya berjanji untuk tidak meninggalkan satu sama lainnya. Mereka bersumpah akan tetap setia apapun yang akan terjadi. Karena itu, secara berkala keduanya tetap melakukan pertemuan rahasia untuk melepaskan rasa rindu dan saling menumpahkan perasaan. (Dari berbagai sumber/*)

Read previous post:
MERAPI-DOKUMENTASI Salam satu karya Agoes Jumianto di kontes kartun mengalahkan virus Corona.
Pemkab Sukoharjo Perpanjang KLB Virus Corona Hingga 31 Desember 2021

SUKOHARJO (MERAPI) - Pemkab Sukoharjo melakukan perpanjangan kesepuluh status Kejadian Luar Biasa (KLB) Virus Corona resmi terhitung 1 April hingga

Close