KYAI SANTRI ORANG SALEH YANG DITEMBAK BELANDA DI BANTUL (4-HABIS) – Kembang Telon Melambangkan Sesuatu yang Harum Mewangi

Pisang sanggan menjadi simbol agar orang selalu kuat atau bersedia menyangga tanggung jawab atau kuwajibannya. Sedangkan ingkung yang terbuat dari seekor ayam yang sudah bersih tanpa bulu dan jerohan melambangkan kepolosan, kejujuran, dan ketulusan. Semua itu diperlukan bagi umat manusia untuk dapat menjadi manusia yang saleh, manusia yang hidupnya dijauhkan dari perbuatan dosa.

KEMBANG telon yang terdiri dari bunga kantil, bunga kenanga, dan bunga mawar melambangkan sesuatu yang harum mewangi. Dengan demikian, hendaknya hidup manusia itu membawa dan meninggalkan nama yang harum mewangi, seperti teladan Mbah Kyai Santri.
Kembang kantil sendiri melambangkan sesuatu yang kumnathil-kanthil (tambatan hati).

Hendaknya keteladanan Mbah Kyai Santri menjadi tambatan hati. Kembang kenanga menjadi lambang atau simbol kiranya semua yang baik dan benar selalu dikenang/menjadi kenangan yang tidak akan hilang. Sedangkan bunga mawar melambangkan agar semua itu harum mewangi mangambar-ambar (menguar) ke segala penjuru. Oleh karena itu pula ada banyak pengunjung yang sering membawa pulang sisa bunga tabur dari kompleks makam Mbah Kyai Santri sebagai tanda kenang-kenangan. Umumnya sisa bunga tabur yang dibawa juga berjumlah tiba buah dari tiga macam jenis bunga, yakni kantil, kenanga, dan mawar.

Selain itu, orang-orang yang merasa dekat dan berhasil meraih cita-cita setelah berkunjung serta berdoa di kompleks makam Mbah Kyai Santri umumnya juga akan memberikan nisan yang terbuat dari kayu ke makam Mbah Kyai Santri. Nisan dari kayu (biasanya kayu jati) tersebut berbentuk persegi (seperti kusen jendela) dengan ukuran cukup besar. Nisan dari kayu berbentuk persegi tersebut akan ditumpukkan pada nisan kayu berbentuk persegi lama yang telah ada. Jadi, jika yang menyerahkan nisan kayu seperti itu berjumlah cukup banyak, maka nisan Mbah Kyai Santri akan berwujud seperti tumpukan kayu berbentuk persegi yang menjulang tinggi. Apabila nisan tersebut telah menyentuh langit-langit cungkup makam, umumnya nisan kayu tersebut akan diambil sebagai bahan perbaikan kompleks makam. (Albes Sartono)

Read previous post:
73 ribu Sertifikat Tanah Diselesaikan Sampai Tahun 2024

PATI ( MERAPI ) - Bupati Pati, H Haryanto SH MM MSi mengingatkan, jika beaya membuat sertifikat melalui programPendaftaran Tanah

Close