PEMBUKAAN CUPU KIAI PANJOLO DI PANGGANG: Ditemukan 34 Simbol, Dipercaya Berkaitan Pilkada 2020

MERAPI-BAMBANG PURWANTO
Pembukaan Cupu Kiai Panjolo di Panggang.

WONOSARI (MERAPI) – Upacara ritual pembukaan cupu peninggalan Kiai Panjolo, di Padukuhan Mendak, Girisekar, Panggang, Gunungkidul dibuka Selasa Kliwon (6/10) dini hari. Ketiga cupu Kenthi wiri, Palangkinantang dan Semarkinandhu yang dipercayai berisi simbol (gambar) dan ramalan kejadian alam dalam satu tahun ke depan tidak seperti tahun lalu dibanjiri ribuan warga, tapi hanya kalangan terbatas dengan protokol kesehatan.
Upacara pembukaan Cupu Kiai Panjolo dipimpin Juru Kunci Dwidjo Sumarto (trah keturunan ke 7) Kiai Panjolo. Terdapat 34 simbol ditemukan dalam selimut cupu dalam bentuk gambar. Jumlah simbol yang ditemukan saat ini lebih banyak dibanding tahun lalu yang hanya ditemukan 24 gambar.

Dari sebanyak 34 simbol dalam kafan pembungkus cupu, dipercayai sebagai ramalan kejadian alam dan dihubungkan dengan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020. Konon simbol dalam Cupu Kiai Panjolo diprediksikan berkaitan dengan kondisi pemerintahan, iklim dan konstelasi politik. Pada kafan pembungkus ketiga cupu, lembaran pertama hingga ke 7 dalam keadaan basah, kafan kedua ditemukan angka 13 terbalik, sebelah timur ditemukan gambar kubah masjid, sebelah utara ditemukan tulisan APRI dan gambar gunung. Pada lembar kafan pembungkus cupu dalam keadaan basah, sebelah barat ditemukan darah mongering, timur laut ditemukan gambar bangun lingkaran.

Kafan pembungkus cupu di sisi timur, ditemukan gambar kepala manusia mengenakan kabaret, kafan ke 21 sisi utara ditemukan kerumunan, sebelah barat laut ditemukan gambar tokoh wayang berdampingan dengan gambar kuda, selimut dalam keadaan kotor bercak hitam, ditemukan tanah berwarna merah, gambar ember dan sekam padi, Kafan selimut cupu ditemukan gambar gajah tertimpa batu. Selain itu ditemukan angka 2 dan huruf C terbalik, huruf S, angka 2, selimut dalam keadaaan kering, sebelah barat ditemukan gambar anoman, kulit layu, tombak, gambar wanita dengan rambat terurai, ditemukan angka 20, huruf Y dan V dan gambar ikan lele. Ditemukan bercak darah, selimut kotor, gambar gadis kecil telanjang, gambar kelinci dan kelelawar dan terakhir kafan selimut cupu dalam keadaan kotor. “Total isi cupu Kiai Panjolo ada 131 lembar dan berisi 34 simbol (gambar),” terang Ketua Dewan Kebudayaan Gunungkidul CB Supriyanto SIP.

Upacara diawali kenduri selamatan dengan makan bersama antarpengunjung selama dua kali dengan selang waktu sekitar dua jam. Setelah makan nasi uduk dengan lauk ayam bacem (ingkung) ritual pembukaan cupu Kiai Panjolo mulai dilakukan. Diawali lembar pertama kafan pembungkus cupu oleh juru kunci Dwidjo Sumarto dan diteruskan lembar demi lembar pembungkus ketiga cupu Kenthi wiri, Palangkinantang dan Semarkinandhu hingga mencapai 131 lembar. (Pur)

ISI CUPU KIAI APANJOLO

  1. Ditemukan angka 13 terbalik.
  2. Ditemukan gambar kubah masjid.
  3. Ditemukan tulisan APRI
  4. Ditemukan gambar gunung
  5. Selimut cupu lembab.
  6. Ditemukan bercak darang kering.
  7. Ditemukan 3 bangun lingkaran.
  8. Ditemukan gambar kepala manusia mengeakan baret.
  9. Ditemukan gambar wayang dengan tokoh tidak jelas.
  10. Ditemukan gambar kerumunan orang menuju arah utara.
  11. Ditemukan gambar seekor kuda.
  12. Selimut kafan pembungkus cupu lembab.
  13. Ditemukan tanah berwarna merah.
  14. Sisih tenggara ada gambar ember.
  15. Ditemukan sekam padi.
  16. Ditemukan gambar gajah bagian kepala tertimpa batu.
  17. Ditemukan huruf S.
  18. Ditemukan angka 2.
  19. Ditemukan huruf C terbalik.
  20. Selimut dalam keadaan kering.
  21. Ditemukan gambar mata.
  22. Ditemukan bercat tinta.
  23. Ditemukan gambar tokoh wayang hanoman
  24. Ditemukan kulit kayu.
  25. Ditemukan gambar tumbak.
  26. Ditemukan gambar wanita mengenakan anting sebelah.
  27. Ditemukan huruf Y, V dan angka 20
  28. Ditemukan bercak darah.
  29. Ditemukan ikan lele.
  30. Ditemukan gambar panah.
  31. Selimut pembungkus cupu kotor.
  32. Ditemukan gambar gadis kecil telanjang.
  33. Ditemukan gambar kelinci dan kelelawar,
  34. Selimut Cupu Kiai Kotor. (Pur)


Read previous post:
Dusun Brayut Diresmikan Jadi KTN

SLEMAN (MERAPI) - Situasi pandemi Covid-19 yang telah berbulan-bulan memaksa masyarakat menjalani pola hidup berbeda. Bahkan tidak sedikit yang kehilangan

Close