Abdi Dalem Kraton Jamasan Enam Pusaka Bantul

MERAPI-YUSRON MUSTAQIM
Para abdi dalem saat melakukan jamasan pusaka di halaman Rumah Dinas Bupati Bantul

BELASAN abdi dalem yang tergabung dalam Pengurus Paguyuban Abdi Dalem Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat Kabupaten Bantul menggelar ritual jamasan pusaka di halaman Rumah Dinas Bupati Bantul, Selasa (15/9). Dalam jamasan tersebut setidaknya ada enam pusaka milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul yang dijamas.

Ketua Paguyuban Abdi Dalem Kraton Ngayogyakarta Jadi Kabupaten Bantul, Raden Mas Tumenggung Projo Suwasono mengatakan, dari enam pusaka yang dijamas salah satunya pusaka Agnya Murni berupa tombak sepanjang 2,5 meter yang diberikan langsung Raja Kraton Sri Sultan HB X kepada Pemkab Bantul saat peringatan Hari Jadi ke-169 Kabupaten Bantul tahun 2000.

“Pusaka Agnya Murni sendiri memiliki makna pemerintahan yang bersih dan suci. Sehingga diharapkan siapapun yang memerintah Bantul memiliki sikap untuk menjaga diri agar selalu bersih dan suci. Artinya meninggalkan perbuatan negatif yang dilarang oleh negara maupun agama,” ungkap Raden Mas Tumenggung Projo Suwasono kepada wartawan disela-sela jamasan.

Sebelum melakukan jamasan, para abdi dalem melakukan doa bersama untuk keselamatan bangsa dan negara. Setalah itu barulah dilakukan jamasan pusaka-pusaka yang dimiliki Pemkab Bantul. Selain jamasan pusaka Pemkab Bantul, jamasan juga dilakukan untuk pusaka-pusaka milik seluruh kecamatan yang ada di Bantul.

Ditambahkan, jamasan pusaka ini dilakukan setiap tahun sekali di bulan Suro. Jamasan di Bantul setelah jamasan pusaka keraton selesai dilakukan. Karena jamasan pusaka keraton dilakukan pada Selasa Kliwon maka pusaka Pemkab Bantul dijamas pada Selasa Wage.
Prosesi jamasan yang dilakukan para abdi dalem dalam rangka menjaga pusaka agar tetap awet. Kegiatan tersebut diakui bukan perbuatan syirik tetapi sebagai wujud penghormatan terhadap hadiah yang diberikan oleh Sultan kepada rakyat. Sehingga pemberian tersebut selalu dijaga dan dipelihara. (Usa)

Read previous post:
Disbud Sleman Selenggarakan Festival Sendratari 2020

DINAS Kebudayaan Kabupaten Sleman menyelenggarakan kembali festival budaya. Kali ini dengan menggelar Festival Sendratri 2020 yang dilaksanakan di Gedung Kesenian

Close