MAKAM RATU MALANG DAN KISAH CINTA MEMILUKAN (2) – Raja Terpesona dengan Kecantikan Sang

Puluhan nisan di Kompleks tersebut adalah para sinden dan penabuh gamelan, satu nisan di belakang adalah pusara suami Ratu Malang dan beberapa nisan di halaman inti adalah pusara Ratu Malang dan beberapa pendereknya (pembantu). Lalu siapakah Ratu Malang itu?

JURU kunci Makam Ratu Malang, Surakso Sardjito alias pak Jito secara singkat menceritakan, Ratu Malang yang bernama asli Retno Gumilang adalah salah satu selir Amangkurat I yang paling cantik, paling dicintai, dan membuat Sang Raja mabuk kepayang.
Kecintaannya terhadap Ratu Malang terlalu berlebihan sehingga mengabaikan urusan negara. Selain itu puluhan selir lainnya tersingkir karena kehadirannya. Bahkan Permaisuri dibuang oleh Sang Raja lalu mengangkat Ratu Malang sebagai penggantinya. Itulah sebabnya dinamakan Ratu Malang.

“Malang (menghalangi) diantara puluhan selir. Bahkan permaisuri dibuang ke Kauman,” kata Pak Jito.

Lebih lanjut, Pak Jito menceritakan bahwa Retno Gumilang sebelumnya sudah memiliki suami bernama Ki Dalang Panjang Mas, seorang dalang terkenal di era Kerajaan Mataram dan Retno tengah hamil dua bulan.

Amangkurat I terpesona dengan kecantikan sang sinden dan mengutarakan keinginannya untuk mempersuntingnya namun ditolak oleh Ki Dalang Panjang Mas. Meski begitu, Amangkurat tetap bersikukuh dan memaksakan kehendaknya.

“Ratu Malang tidak mau dibawa oleh Amangkurat, lalu mereka diundang untuk main wayang dan kemudian diracun semua, hanya tersisa Ratu Malang yang segera dijadikan permaisuri. Akhirnya dia minum racun dan mati menyusul suaminya. Cinta sejati to mbak ,” ungkap Pak Jito.

MERAPI – WULAN YANUARWATI
Sendang Moyo yang ratusan tahun tidak pernah mengering.

Hanya beberapa langkah ke arah timur laut terdapat sumber air bernama Sendang Moyo yang dikelilingi tembok setinggi tiga meter. Sendang Moyo tidak pernah kering walau musim kemarau sekalipun.

“Sendang Moyo (awalnya) untuk makam Ratu malang, waktu digali keluar air dan ditunggu selama tujuh hari tujuh malam tapi tidak kering,” ungkap Pak Jito dalam bahasa Krama alus. (C-4)

Read previous post:
Jaga Kekebalan Tubuh dengan Nangka

IKHTIAR bisa hidup lebih sehat dan terhindar dari aneka keluhan kesehatan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Ketika menerapkan cara-cara alami

Close