MENGUAK UMBUL BUTO DI PEDAN (3) – Khasiat Air Bisa untuk Terapi Kesehatan

Umbul Buto mempunyai pesona air yang jernih. Hal ini ternyata memiliki kandungan mineral yang tinggi.

LANCARNYA pergantian aliran air dari umbul itu, ternyata juga mampu menjadi sarana terapi. Mereka yang mandi di sepanjang aliran sungainya menjadikan segar badannya. Bahkan ada yang langsung menyelam di area.
Mata air dari Umbul Buto menjadi daya tarik tersendiri. Bagi masyarakat luar daerah, mereka sering menggunakan untuk mandi. Badan yang lelah akibat kerja keras bisa pulih kembali.
Sebagaimana Mbah Jim yang telah merasakan khasiatnya.
“Akan menghilangkan pegal-pegal sehabis mencangkul. Bagi para petani sehabis menggarap lahan. Bahkan saking terkenalnya malah warga dari seberang desa memanfaatkan untuk terapi,” terangnya.

MERAPI-WA SUTANTO  Tangga untuk turun masuk ke umbul.
MERAPI-WA SUTANTO
Tangga untuk turun masuk ke umbul.

Bahkan ada yang tirakat disini. Apalagi dengan laku tertentu. Air yang diambil pada malam Jumat Kliwon dan dimasukkan dalam kendi. Setelah itu didiamkan tujuh hari, maka akan sangat manjur hasilnya.
Dipercaya warga setempat bahwa air tersebut akan mampu mengusir penyakit aneka macam. Bahkan penyakit yang aneh-aneh. Semacam badan aras-arasen karena kecapekkan aktivitas seharian. Baik tanamanan atau hewan piaraan.

Sebagaimana Pak Surono yang memelihara sapi. Dan malah sudah lama sapinya tak mau beranak, begitu dikombor dengan campuran air dari umbul di luar dugaan bisa bunting. Bahkan si pemilik terkagum dan tersiar ke seluruh desa. Ia pun jadi beruntung secara tak disadarinya.
Ternyata tak hanya irigsi saja sebagaimna warga sekitar. Mereka kebanyakan memanfaatkan air untuk irigasi. Dan juga memelihara ikan di kolam. Airnya mengalir secara terus menerus walau kemarau tiba. (WA Sutanto)

Read previous post:
MERAPI-ANTARA Helmi Jamharis.
Cegah Penyebaran Covid-19, Pemkab Bantul Atur Tugas ASN

BANTUL (MERAPI) - Pemerintah Kabupaten Bantul mengeluarkan kebijakan terkait pelaksanaan tugas para aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan pemerintahan setempat,

Close