PENGEMBARAAN SYEH JUMADIGENO DAN WASIBAGENO (6) – Aman Nyaman Meski Gegeran

Rumah tiban yang dibangun oleh Ki Ageng Wonolelo ini sampai sekarang masih dilestarikan. Demikian pun surau atau masjid Ki Ageng Wonolelo. Tidak ada orang yang berani menempati rumah tiban yang dibangun oleh Ki Ageng Wonolelo ini.

SEMUA itu terjadi karena faktor hormat mereka kepada Ki Ageng Wonolelo. Rumah peninggalan Ki Ageng Wonolelo ini lebih banyak digunakan untuk kegiatan yang bersifat keagamaan. Selain rasa hormat yang menyebabkan orang tidak berani menempati rumah peninggalan Ki Ageng Wonolelo, sebagian orang percaya bahwa rumah tersebut ditunggui oleh siluman macan putih.

Pada saat pertama kali didirikan rumah tiban tersebut dibangun dengan bahan baku dari kayu dan gedhek (anyaman bambu). Oleh karena itu rumah yang demikian tidak tahan lama. Tidak tahan lama bahannya maupun konstruksinya. Rumah ini pernah pula mengalami kemiringan.
Pembenahan akan rumah itu pun dilakukan. Namun sebelum hal itu dilaksanakan semua tukang yang akan mengerjakan rumah itu diwajibkan puasa selama tiga hari. Pada saat itu ada salah satu tukang yang tidak puasa namun mengaku berpuasa. Akibatnya ia merasa seperti dilempar dari atas rumah sehingga ia jatuh.

Menurut sumber setempat Dusun Pondok Wonolelo merupakan dusun yang aman tenteram sejak dulu hingga kini. Bahkan ketika terjadi Clash I dan II dengan Belanda pun dusun ini tetap aman. Demikian juga ketika terjadi geger atau penjajah Jepang, dusun ini tetap aman. Pun juga ketika terjadi geger G-30-S di tahun 1965, dusun ini juga aman-aman saja. Semua itu dipercayai karena tuah dari Ki Ageng Wonolelo.

Sumber setempat menyarankan agar orang jangan sombong, lebih-lebih jika sedang berada di Dusun Pondok Wonolelo, utamanya lagi jika berada di makam, masjid, dan bekas rumah Ki Ageng Wonolelo.
Berkait dengan hal itu pernah terjadi ada seorang sopir truk yang sombong ketkka memasuki Dusun Pondok Wonolelo. Ceritanya, saat itu truk yang dikemudikan sopir tersebut lewat di dekat makam Ki Ageng Wonolelo. Ada jurukunci makam yang memperingatkannya bahwa truknya tidak kuat dimuati barang yang demikian banyak. (Albes Sartono)

Read previous post:
Tendang Kolesterol Jahat dengan Daun Afrika

TANAMAN berkhasiat obat layak dimiliki atau ditanam di pekarangan rumah. Bagian tanaman yang biasa dimanfaatkan atau ada khasiat kesehatannya, antara

Close