WARGA DESA KULUR SELENGGARAKAN MERTI DESA- Semangat Lestarikan Tradisi Nenek Moyang

MERAPI-ISTIMEWA  Kesenian jathilan memerihkan merti Desa Kulur.
MERAPI-ISTIMEWA
Kesenian jathilan memerihkan merti Desa Kulur.

TAHUN ini warga Desa Kulur Temon Kulonprogo kembali mengadakan kegiatan Merti Desa, dengan rangkaian acara yang berlangsung 24-25 Agustus. Acara yang digelar secara rutin setiap tahun tersebut merupakan wujud syukur masyarakat kepada Tuhan YME atas hasil bumi yang melimpah.

Kepala Desa Kulur, Adi Nugroho menjelaskan merti desa yang diadakan tahun ini dimeriahkan dengan berbagai potensi kesenian yang dimiliki warga, seperti jathilan, tari angguk, dan pagelaran wayang kulit.

“Selain untuk melestarikan kebudayaan, acara merti Desa Kulur diselenggarakan dengan tujuan agar masyarakat selalu guyub rukun, ayom tata titi tentrem, karto raharjo, gemah ripah lohjinawi,” imbuh Adi.

Minggu siang (25/8) warga dihibur dengan kesenian jathilan di Balai Desa Kulur. Sembari membawa kuda kepang, dua orang laki-laki berpakaian khas jathilan menari dengan iringan musik.

MERAPI-ISTIMEWA  Doa bersama Warga Desa Kulur.
MERAPI-ISTIMEWA
Doa bersama Warga Desa Kulur.

Pada waktu yang sama di pemakaman umum warga menggelar kenduri yang dihadiri kepala keluarga dan segenap ibu-ibu PKK warga Kulur. Kenduri diawali dengan kesenian Religi Sholawatan Jawa kemudian dilanjutkan dengan doa bersama, membaca kalimat tahlil dan diakhiri srokal (berdiri membaca sholawat nabi) yang dipimpin oleh Rois setempat.

Wardoyo selaku Kabid Pengembangan Kapasitas Dinas Pariwisata DIY berharap penyelenggaraan Merti Desa Kulur dapat memberikan efek positif bagi warga setempat akan pentingnya menjaga dan melestarikan tradisi nenek moyang.
Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi desa-desa lainnya untuk mengemas acara adat dan tradisi khususnya kegiatan merti desa dengan meriah sekaligus menjadi daya tarik masyarakat.

Sebelumnya rangkaian acara Merti Desa telah diawali dengan kegiatan kirab budaya, dan pentas tari angguk dari Grup Puspo Rini. Sedangkan pagelaran wayang kulit dilaksanakan pada Minggu malam untuk menyemarakkan puncak Merti Desa Kulur. (*)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
MERAPI-ANTARA Pantai Ngobaran di Gunungkidul.
Tata Pantai Selatan, Gunungkidul Anggarkan Puluhan Miliar

WONOSARI (MERAPI) - Pemerintah Kabupaten GunungKidul menganggarkan puluhan miliar untuk percepatan penataan kawasan pantai selatan, supaya menjadi destinasi utama dengan

Close