GUNUNG KENDHIL SLEMAN DAN LEGENDANYA (6-HABIS) – Berbuat Tidak Baik akan Apes di Sungai Supata

NYARIS mendapat celaka, Edy Pranoto menjadi sadar bahwa apa yang baru saja dilihatnya adalah lelembut yang sengaja memancing dia untuk ikut terjun ke tengah bendungan. Lelembut tersebut menyaru menjadi sosok orang yang mirip dengan tetangganya yang bernama Mbokdhe Adi dan Pakdhe Adi. Kemungkinan besar lelembut tersebut hendak menjahili Edy Pranoto agar ia mau mencebur ke dalam air bendungan yang dalam dan kemudian tewas. Untungnya Edy Pranoto segera menyadari akan hal itu sehingga ia bisa selamat.

Beberapa waktu kemudian memang ada kejadian orang yang meninggal di Bendungan Sempor ini. Tidak ada yang tahu apa penyebab pasti dari orang yang meninggal dan tenggelam di tempat ini. Kemungkinan besar oleh karena orang yang bersangkutan memang tidak mampu berenang. Namun ada sebagian kecil orang yang mempercayai karena orang yang bersangkutan memang diganggu oleh lelembut-lelembut atau penunggu gaib di Bendungan Sempor yang merupakan kompleks dari Gunung Kendhil, Gunung Kekep, Kedhung Aren, dan Sungai Sepata.

Objek lain yang tidak kalah nuansa mistisnya adalah Sungai atau Kali Sepata. Sungai ini dinamakan Sungai Sepata karena pada zaman dulu pernah ada orang-orang sakti yang kemungkinan murid atau bahkan para wali itu sendiri yang saling supata ’janji/sumpah’. Menurut cerita ada satu tokoh yang semula sering bertindak kurang baik kemudian bersumpah atau supata untuk tidak lagi berbuat hal-hal yang kurang baik. Sumpah ini dilakukan di dekat Gunung Bathok. Oleh karena ia supata, maka terjadilah Sungai Supata.

Di dekat sungai itu pula kedua tokoh tersebut saling bersumpah untuk tidak lagi berbuat hal yang tidak baik. Jika salah satu mengingkari sumpah tersebut dan berani menyeberangi atau melewati Sungai Supata, maka orang yang melewati sungai tersebut akan apes. Bahkan tertangkap penduduk dan bisa dimassa.

Oleh karena itu pulalah kemudian muncul kepercayaan bahwa siapa pun yang berani berbuat tidak baik, misalnya mencuri di seputaran Beteng Durenan, Tridadi, Sleman dan orang tersebut melintasi atau menyeberangi Sungai Supata orang tersebut akan apes dan tertangkap. Hal seperti itu sudah pernah terjadi berkali-kali di Sungai Supata yang mengalir di Dusun Beteng Durenan.
(Albes Sartono)

Read previous post:
Bunga Bugenvil Ditakuti Bisul

BUGENVIL termasuk jenis tanaman hias yang mempunyai manfaat kesehatan. Pemilik nama ilmiah Bougainvillea glabra Choisy ini diyakini memiliki khasiat sebagai

Close