GUNUNG KENDHIL SLEMAN DAN LEGENDANYA (5) – Berjalan Menyeberangi Bendungan yang Dalam

MASIH berkaitan dengan Kedhung Aren atau Bendungan Sempor, Edy Nugroho pernah melihat hal aneh lain di tempat ini. Ceritanya, suatu ketika Edy Pranoto menjala ikan di sekitar Kedhung Aren. Waktu hari telah menjelang senja. Edy Pranoto belum juga menghentikan aktivitasnya menjala karena perolehan ikannya belum memuaskan dirinya. Saat di Kedhung Aren telah ada bendungan baru. Bendungan ini menghimpun air menjadi pumpunan air yang lebar dan dalam.

Tengah Edy Pranoto istirahat menjala tiba-tiba ia melihat ada tetangganya yang bernama Mbokdhe Adi menyeberang di bendungan baru itu. Anehnya Mbokdhe Adi dalam menyeberangi bendungan yang dalam dan lebar itu hanya dengan berjalan dan cincing kain jarit begitu saja. Edy Pranoto melongo dibuatnya. Bagaimana mungkin ada orang menyeberang di bendungan air yang lebar dan dalam kok hanya dengan berjalan biasa dan cincing kain saja. Edy Pranoto pun berteriak memanggil Mbokdhe Adi, tetapi sosok yang dipanggilnya Mbokdhe Adi tidak menggubrisnya.

Dalam pikiran Edy Pranoto kemungkinan besar Mbokdhe Adi memang tidak mendengar panggilannya mengingat jarak tempat dia memanggil dengan bendungan itu memang agak jauh. Kecuali melihat Mbokdhe Adi, ternyata Edy Pranoto juga melihat Pakdhe Adi yang sepertinya duduk mencangkung di pinggir bendungan. Dalam pandangannya Pakdhe Adi ini sepertinya tengah menikmati hisapan rokoknya. Edy Pranoto segera saja meletakkan jalanya dan berjalan mendekati Pakdhe Adi. Edy Pranoto ingin meminjam korek pada Pakdhe Adi karena ia juga hendak menikmati rokok yang dibawanya dari rumah.

Begitu mendekati sosok Pakdhe Adi, tiba-tiba saja tubuh Pakdhe Adi sudah tampak berada di tengah-tengah pumpunan air di dalam bendungan tersebut. Sementara bayangan Mbokdhe Adi sudah tdak tampak dalam pandangan Edy Pranoto.
Seketika itu juga Edy Pranoto menghentikan langkahnya. Untung dia tidak jadi mendekati atau mengejar Pakdhe Adi. Seandainya ia mengejar Pakdhe Adi tentu ia akan ikut tercebur ke dalam air yang dalam di tengah bendungan itu. (Albes Sartono)

Read previous post:
Keren, Menpar Arief Yahya akan Resmikan Saloka Theme Park

SEMARANG (MERAPI) – Menteri Pariwisata Arief Yahya diagendakan bakal melakukan kunjungan kerja ke Jawa Tengah, 22 Juni mendatang. Kesempatan itu

Close