Nguri-Uri Budaya Wali Dusun Bondalem Bantul

MERAPI-ISTIMEWA Salah satu penampilan pentas seni Nguri-uri Budaya Wali.
MERAPI-ISTIMEWA
Salah satu penampilan pentas seni Nguri-uri Budaya Wali.

DISAKSIKAN ratusan warga, kesenian tradisional Tari Kubro Setyo Siswo tampil dalam acara pelestarian Budaya “Nguri-Uri Budaya Wali”, pada 23 Februari di Dusun Bondalem, Sumbermulyo, Bambanglipuro, Bantul.

Kesenian Tradisional Tari Kubro Setyo Siswo adalah salah satu kesenian yang bernuansa islami. Tarian ini mengisahkan tentang kegigihan, kekompakan, dan keuletan dalam memperjuangkan agama Islam. Tarian ini diiringi lagu-lagu bernuansa islami yang menggugah semangat para penari. Selain Tari Kubro Setyo Siswo ditampilkan pula tari-tarian dan sholawat hadroh.

Heri Purnomo selaku ketua panitia pentas seni tradisional mengatakan, Pentas Seni Budaya Tradisional “Nguri-uri Budaya Wali” merupakan wujud kepedulian warga terhadap warisan dari para nenek moyang.

“Kesenian ini sudah seharusnya dilestarikan agar tidak hilang atau lenyap begitu saja. Harapannya generasi muda tidak melupakan tradisi atau kesenian dan kebudayaan di Daerah Istimewa Yogyakarta,” jelas Heri.

Wardoyo selaku Kabid Kapasitas Dinas Pariwisata DIY mengatakan, wilayah-wilayah yang peduli terhadap pelestarian kesenian dan kebudayaan akan berpengaruh pada bertambahnya destinasi wisata budaya baru yang nantinya akan meningkatkan kekuatan daya tarik wisata.

“Pentas seni ini diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wista ke Dusun Bondalem Sumbermulyo, serta memacu semangat untuk selalu melestarikan seni budaya dan memaksimalkan potensi-potensi yang ada untuk kesejahteraan warga,” harap Wardoyo. (*)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
ilustrasi
Pria Misterius Masuk Markas Brimob Bawa Bahan Peledak

SLEMAN (MERAPI)- Seorang pria berinisial RM (30) warga Sumberharjo, Prambanan, Sleman ditangkap petugas jaga markas Brimob Polda DIY Baciro, Gondokusuman,

Close