Warga Kemiri Gelar Ritual Sadranan

MERAPI -ISTIMEWA Warga mengikuti ritual.
MERAPI -ISTIMEWA
Warga mengikuti ritual.

TEMANGGUNG (MERAPI) – Sebagai wujud syukur atas segala nikmat yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa, warga Desa Kemiri Kecamatan Kaloran Temanggung menggelar ritual Sadranan di komplek pemakaman desa setempat, Jumat (9/3).

Sejak dini hari warga mempersiapkan berbagai keperluan yang dibutuhkan untuk ritual tersebut, yang diantaranya ingkung ayam jantan, gunungan dan jajan pasar beserta buah-buahan hasil dari perkebunan warga di daerah tersebut. Sementara sehari sebelumnya warga melakukan bebersih lingkungan desa, sumber air dan menanam pohon.

Setelah menggelar arak-arakan tumpeng dan tenongan dari sesepuh desa menuju ke komplek pemakaman setempat, warga kemudian berjajar di komplek makam. Warga yang tidak kebagian di dalam komplek terpaksa duduk di luar komplek makam, terutama di jalan masuk makam.

Kepala Desa Kemiri Sugeng Rohadi mengatakan ritual sadranan ditandai dengan doa bersama yang intinya bersyukur atas segala karunia yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa, dan berharap kedepan terjauh dari segala bencana, dan karunia dari Tuhan semakin benyak. ” Warga berharap meningkat kesejahteraanya,” katanya sembari menyampaikan ritual di makam pepunden desa Mbah Kiai Salam dan Mbah Kiai Megolamat.

Usai berdoa, katanya, seluruh warga yang datang makan bersama di komplek makam, tidak ketinggalan tetamu yang datang. Melalui ritual tersebut, diharapkan semakin meningkat kerukunan, kedamaian, dan warga bergotongroyong dalam mewujudkan segala yang dimusyawarahkan. (Osy)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
DPRD Sukoharjo Dukung Pembenahan Batu Seribu Bulu

SUKOHARJO (MERAPI) - DPRD Sukoharjo mendukung rencana pembenahan di objek wisata Batu Seribu di Kecamatan Bulu. Dukungan diberikan mengingat kondisi

Close