Hidup Bermasyarakat Sesuai Sunah Rasul

Hidup Bermasyarakat Sesuai Sunah Rasul
Hidup Bermasyarakat Sesuai Sunah Rasul

SEBAGAI tokoh masyarakat, Tikno (semua nama disamarkan) berusaha keras agar menjaga perilaku ketika bermasyarakat. Ia meyakini, dengan beperilaku baik pun, masih ada orang yang ngrasani dan tidak suka.

“Sering aku dengar ada yang ngrasani ini dan itu. Padahal aku tidak pernah melakukannya. Kan cenderung jadi fitnah. Tapi ya aku biarkan saja, toh kalau aku tanggapi malah jadi lebih meluas,” kata Tikno saat ngobrol sembari makan malam bersama istrinya, Narni.

Untuk menjaga agar dia terbebas dari hal-hal buruk terkait dengan kemasyarakatan, Tikno mencontoh apa yang telah diteladankan oleh Rasulullah SAW.

Dia senantiasa menjalin silaturahmi, utamanya dengan warga se-padukuhan. Setiap pagi ia jalan sehat sembari menyapa warga. Selain itu, jika ada tamu yang datang, Tikno juga selalu menyambut dan melayani dengan baik. Minimal, dibuatkan segelas teh hangat serta disambut dengan baik.

Tikno juga terkenal sangat ringan dalam membantu orang terkena musibah. Setiap kali ada yang meninggal, dia langsung datang ke lokasi layatan. “Kita harus cepat merapat ke lokasi supaya bisa bantu-bantu. Kasihan kalau tidak ada yang membantu mengondisikan tenda dan kursi,” ajak Tikno kepada ketua RT di wilayahnya untuk segera ke rumah duka.

Jika ada rezeki lebih, Tikno kerap mengirim beras ke salah satu warga paling miskin di wilayah tersebut. Biasanya ia mengirim beras 5 kilogram atau 10 kilogram, tergantung uang yand dimiliki.

Hal-hal kecil itu terus ia istikamahkan supaya membawa berkah. Yang saat ini dirasakan, setiap ada orang yang ngrasani selalu saja ada yang mengklarifikasi. Dengan demikian, info hoax tersebut langsung tereliminasi dengan sendirinya.

Bagi dia, hal ini harus terus dijaga agar sebagai tokoh masyarkat bisa membawa kebaikan dan bisa dicontoh oleh warga lain. “Yang penting kalau kita mengikuti sunah Rasul itu sudah sesuai dengan syariat Pak. Diistikamahkan saja,” kata istrinya.

Diriwayatkan Aisyah, Khadijah berkata kepada Rasululllah SAW: “Demi Allah, tidak akan terjadi apa-apa. Allah tidak akan membuatmu hina, karena engkau selalu menyambung sanak kerabat, menolong fakir miskin, menghormati tamu dan membantu orang-orang yang tertimpa musibah.” (Oin)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Daun banci kiri dan krokot dukung kesehatan
Daun Banci Jaga Kesehatan Usus

SEBAGIAN jenis daun berkhasiat mampu mendukung kesehatan dengan cukup dijadikan lalaban, dikukus ataupun direbus sebentar. Satu di antaranya dengan memanfaatkan

Close