Kisah Lain Kembang Wijayakusuma Diburu Orang Besar

Kisah Lain Kembang Wijayakusuma Diburu Orang Besar
Orang-orang besar suka memburu bunga ini ke Pulau Majethi.

DI Jawa ada kepercayaan bahwa raja Mataram yang baru dinobatkan, tidak akan sah diakui dunia ‘kasar’ dan ‘halus’ sebelum berhasil memetik bunga Wijayakusuma sebagai pusaka keraton. Hal itu didasarkan pada kepercayaan bahwa bunga Wijayakusuma adalah jelmaan pusaka keraton Batara Kresna, raja Dwarawati yang juga titisan Dewa Wisnu.

Menurut kisah spiritual, pusaka dihanyutkan ke Laut Kidul oleh Sri Kresna sebelum beliau mangkat ke Swargaloka. Pusaka atribut Raja Kresna itu setelah dilabuh menjadi pohon di atas batu pulau karang. Letaknya di ujung timur Pulau Nusakambangan di selatan Kota Cilacap.

Berkait dengan kembang ini, konon presiden pertama RI Soekarno, memiliki salah satu ilmu andalan semasa hidupnya, yakni ilmu ajian Wijayakusuma. Kabarnya, keampuhan ajian ini membuat seseorang akan dikasihi, dihormati dan disegani, serta membuat awet muda dan pemberani. Konon lengsernya Soeharto, akibat dia gagal memetik bunga Wijayakusuma di pulau Majethi tersebut.
Spiritulis mengungkap, bahwa seorang raja yang sanggup memetik bunga Wijaya Kusuma, dipastikan ia adalah seorang yang mentalnya tergembleng dengan baik. Sebab untuk dapat memetik bunga Wijayakusuma dalam keadaan mekar, seseorang harus memiliki kesabaran tinggi. Bungawijaya Kusuma hanya akan mekar sesaat dan waktunya pada malam hari saja.

Dan mekarnya kelopak bunga misterius ini tidak dapat diperkirakan waktunya. Belum tentu dalam setahun bunga ini akan mekar. Maka, seorang raja yang berhasil memetik bunga ini, berarti dia telah melewati penantian yang panjang dengan penuh kesabaran dan perjuangan yang berat.

Ada beberapa tempat di Cilacap yang dari zaman Kerajaan Mataram hingga Orde Baru berkuasa, secara berkala disambangi para petinggi negara, terutama bila mereka tengah menghadapi persoalan berat. Tempat-tempat ini sangat dikeramatkan. Para pejabat kadang datang sendiri secara diam-diam, namun terkadang menyuruh utusan. (JB Santoso)

Read previous post:
Kolang-kaling Cegah Osteoporosis
Kolang-kaling Cegah Osteoporosis

SEBAGIAN bahan alami berkhasiat tampak sederhana maupun sepele. Namun di balik itu ternyata menyimpan banyak manfaat, bahkan dapat membantu meraih

Close