Ponpes Klaster Baru di Pati

Bupati Pati, H Haryanto memberikan keterangan mengenai Klaster Baru di Ponpes. (Foto: Alwi Alaydrus).

PATI (MERAPI) – Hingga minggu pertama bulan Agustus 2020 ini, kasus Covid19 di Pati (Jateng) masih mengalami peningkatan. Jumlah pasien konfirmasi dirawat (positif) tercatat 18 orang. Bahkan keadaan semakin memburuk, karena didapatkan lagi, 9 santri dari pesantren Kajen kecamatan Margoyoso, yang juga terkonfirmasi positif Covid19.

“Benar, setelah dilakukan tes swab, ada sembilan santri Kajen yang positif Covid19. Sekarang 9 Orang Tanpa Gejala (OTG) tersebut, menjalani karantina di hotel Kencana”, ungkap Bupati Pati, H Haryanto SH MM MSI yang juga merupakan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid19, Selasa (4/8).

Bupati Haryanto menyebut, adanya klaster baru di lingkungan pesantren, maka segera digelar tes swab untuk penghuni Ponpes. “Ada 105 santri yang di ponpes. Kalau yang positif ada 9, maka sisanya harus dilakukan swab”, tegasnya.

Wilayah Pati rawan pandemi covid19, karena sebelumnya didapatkan 6 camat dikonfirmasi positif corona. Mereka mengiktui tes PCR bersama pejabat pemkab, Sabtu (25/7). Namun setelah dilakukan swab test ke dua, akhirnya turun menjadi negatif.

Sebelumnya, data dari Pati Tanggap Covid19, mencatat 18 orang kontak erat (ODP), 28 suspek dirawat (PDP), 21 masih konfirmasi (OTG) dan 18 pasien konfirmasi dirawat (positif), dengan angka kematian sebesar 34 jiwa, 8 diantaranya positif corona.

Lonjakan kasus Covid19 di Pati diduga berasal dari transmisi di luar wilayah. Interaksi lintas wilayah yang dilakukan warga menjadi penyebab paparan virus corona. Selain itu, rendahnya kesadaran mematuhi protokol kesehatan merupakan faktor lain yang membuat grafik kasus terus melambung.

Akibat pasien Positif Covid19 Pati yang bertambah, membuat melebarnya zona Merah elebar, jumlah OTG meningkat dibandingkan dengan wilayah sekitarnya.

Seperti di Jepara tercatat 1.093 kasus positif. Kabupaten Kudus 326 pasien positif Covid19. Kabupaten Grobogan 264 kasus, Blora 144 kasus, dan kabupaten Rembang 24 kasus positif corona. (Cuk).

Read previous post:
Golkar Terus Jalin Koalisi

SLEMAN (MERAPI) - Dewan Pimpinan Daerah Partai Golkar Kabupaten Sleman, mengatakan Bumi Sembada membutuhkan sosok pemimpin baru. Calon pemimpin ini

Close