Jelang Lebaran Ribuan Kapal Sandar di Juwana

Bupati Pati, H Haryanto mengecek kapal yang berlabuh di pelabuhan Juwana. (Foto: Alwi Alaydrus).
Bupati Pati, H Haryanto mengecek kapal yang berlabuh di pelabuhan Juwana. (Foto: Alwi Alaydrus).

PATI (MERAPI) – Ratusan hingga ribuan kapal motor sandar di pelabuhan Juwana. Nakoda dan Anak Buah Kapal (ABK) selanjutnya pulang kampung, seperti ke Pekalongan, Tegal, Brebes, Tuban untuk merayakan lebaran. Sementara itu, bupati Haryanto minta jajaran Syahbandar Juwana untuk melakukan pengawasan khusus terhadap kapal yang diparkir, agar tidak terjadi kebakaran.

Dari pantauan wartawan, memasuki H-2 Lebaran, Jumat (22/5) ribuan kapal menyesaki kawasan pelabuhan Juwana. Nakoda dan ABK sengaja parkir (berlabuh), sebelum pulang untuk berlebaran di kampung halaman.

Akibat menumpuknya ribuan kapal motor di sungai Juwana, memaksa petugas kerja keras untuk menata posisi parkir kapal, dan bagaimana mengamankan jalan untuk fasilitas pemadam kebakaran.

Kasat Pol Air Polres Pati, Iptu Sutamto, mengatakan sedang menata secara baik kapal yang sandar. “Semoga tidak terjadi macet di sungai” ujarnya.

“Kami terus melakukan patroli. ABK jaga diingatkan agar ikut waspada terhadap pencegahan kebakaran” ucap Iptu Sutamto.

Sementara itu, bupati Pati, Haryanto mengingatkan agar nelayan Juwana waspada terhadap kemungkinan terjadinya musibah kebakaran di area pelabuhan. “Kita menata kapal agar tidak terjadi musibah”, ujarnya saat sidak ke pelabuhan Juwana.

Dia meminta Kepala SyahBandar agar melarang tempat perbaikan maupun pengelasan kapal, saat menjelang lebaran. “Kalau mau memperbaiki kapal, harus di dok” tegas bupati Haryanto. (Cuk)

 

Read previous post:
Ditemukan Hati Sapi Terinfeksi Cacing Pita

PURWOREJO (MERAPI) – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, petugas yang tergabung dalam tim pengawasan bahan pangan asal hewan Kabupaten Purworejo,

Close