• Selasa, 24 Mei 2022

Olahan Ikan Tuna Bersihkan Toksin dan Menghindari Obesitas

- Minggu, 1 Agustus 2021 | 07:35 WIB
          Olahan ikan tuna dipadu rempah-rempah termasuk bawang bombay bisa menjaga dan meningkatkan kesehatan. (Sulistyanto)
Olahan ikan tuna dipadu rempah-rempah termasuk bawang bombay bisa menjaga dan meningkatkan kesehatan. (Sulistyanto)


harianmerapi.com - Olahan ikan tuna sudah selayaknya bisa rutin dikonsumsi, sebab bagus untuk kesehatan termasuk mendukung imunitas tubuh. Ikan tuna dagingnya banyak mengandung mineral, bahkan juga kaya sumber potasium dan vitamin B kompleks yang diperlukan untuk perkembangan otot.

Selain itu ikan tuna juga kaya selenium maupun mineral yang bisa membantu mendetoksifikasi tubuh atau membersihkan racun-racun/toksin yang ada dalam tubuh. Dengan demikian diharapkan bisa semakin mendukung kesehatan maupun membantu mempercepat sembuh ketika terserang gangguan kesehatan.

Tak kalah penting, sebagian pemilik berat badan berlebih atau untuk menghindari obesitas sering juga dengan memilih rutin mengkonsumsi ikan tuna saat diet untuk menurunkan berat badan. Apalagi daging ikan tuna juga diyakini bisa mengembalikan tingkat energi atau stamina tubuh maupun berkhasiat untuk membangun sistem kekebalan tubuh agar lebih kuat serta mencegah datangnya gangguan kesehatan.

Baca Juga: Tahanan Polres Sukoharjo Jalani Vaksinasi Covid-19 Dosis Pertama

Diyakini pula ikan tuna mengandung 18 persen protein terdiri dari asam-asam amino esensial yang tak rusak pada waktu pemasakan. Selain itu kandungan lemaknya sebagian besar adalah asam lemak tak jenuh yang dibutuhkan juga untuk pertumbuhan dan  menurunkan kolesterol darah.

Salah satu ikan laut yang cukup favorit, yakni ikan tuna. Saat masih hidup, ikan ini mempunyai kemampuan berenang lumayan cepat, yaitu mencapai sekitar 77 km perjam. Ikan tuna cukup lezat dan banyak sekali penyuka dagingnya. Dagingnya berwarna merah muda sampai merah tua, memang warna daging ikan ini tidak lazim seperti ikan lainnya yang memiliki warna putih.

Olahan tuna yang ditambah bawang bombay, maka serat dalam bawang bombay akan membantu mendukung kesehatan sistem pencernaan maupun menjaga kesehatan sistem metabolisme tubuh. Ditambah lagi bisa sebagai sumber antioksidan sehingga bisa berperan dalam menjaga serta meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh dari beberapa gangguan kesehatan.

Baca Juga: Penyesalan Sepanjang Hayat Setelah Mencampakkan Darah Dagingnya Sendiri

Jenis bawang ini dipercaya pula bisa sebagai agen anti inflamasi atau anti peradangan, sehingga dapat membantu melindungi pembuluh darah serta mencegah terjadinya berbagai penyakit jantung, pembuluh darah serta stroke secara alami. *



Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Terkini

X