• Kamis, 8 Desember 2022

Delima dan mengkudu sebagai bahan alami penggempur serangan tekananan darah tinggi, berikut resepnya...

- Selasa, 13 September 2022 | 16:53 WIB
Delima termasuk bahan alami berkhasiat seperti membantu melawan tekanan darah tinggi.  (Foto: Sulistyanto)
Delima termasuk bahan alami berkhasiat seperti membantu melawan tekanan darah tinggi. (Foto: Sulistyanto)

HARIAN MERAPI - Pemanfaatan bahan alami untuk membantu menghindarkan maupun menggempur gangguan kesehatan sudah banyak dilakukan masyarakat.

Wajar saja jika sebagian warga senang menanam tanaman berkhasiat obat, sebab sewaktu-waktu bisa dimanfaatkan untuk mendukung kesehatan.

Salah satunya, yakni tanaman delima. Selain digolongkan sebagai tanaman buah, delima juga sebagai tanaman berkhasiat obat atau tumbuhan herbal.

Baca Juga: Ribuan pesanggem tanah borgan di Pati ajukan perhutanan sosial, sukseskan program Jokowi

Bahkan tak hanya bagian buahnya saja, tapi bagian akar tanaman delima juga berkhasiat sebagai obat alami, misalnya untuk membantu melawan serangan cacingan.

Lain halnya ketika bisa rutin minum jus delima setiap hari akan membantu menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Artinya juga bisa mencegah dan menggempur hipertensi secara alami.

Selain itu jus buah delima juga mampu memerangi pengerasan arteri dan gangguan kesehatan yang ada hubungannya dengan hipertensi seperti serangan jantung.

Tak ketinggalan, dapat membantu mencegah penumpukan plak di arteri dan dapat meluruhkan penumpukan plak sebelumnya. Sejumlah sumber pun menyebutkan, kandungan antioksidan dalam buah delima dapat mengurangi oksidasi LDL (kolesterol jahat).

Baca Juga: Sapi yang sudah mendapat vaksin PMK di Karanganyar mulai dipasangi barcode, ini tujuannya

Halaman:

Editor: Husein Effendi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mengenal Sarkopenia, penyebab dan cara pencegahannya

Selasa, 29 November 2022 | 20:55 WIB
X