• Rabu, 29 Juni 2022

Ikan Teri Dicampurkan Hidangan Buka Puasa, Bantu Jaga Kesehatan Jantung dan Tulang

- Senin, 18 April 2022 | 08:20 WIB
Ikan teri cocok dicampurkan pada beberapa masakan, lalu disajikan pada hidangan buka puasa maupun sahur.  (Foto: Sulistyanto)
Ikan teri cocok dicampurkan pada beberapa masakan, lalu disajikan pada hidangan buka puasa maupun sahur. (Foto: Sulistyanto)


harianmerapi.com – Meski wujudnya kecil-kecil, namun penggunaan ikan teri di bidang kuliner sangat beragam, bahkan banyak diyakini mempunyai manfaat kesehatan tersendiri.

Aneka jenis hidangan saat buka puasa maupun sahur pada Bulan Ramadhan dapat pula menggunakan bahan ikan teri, misalnya nasi bakar, sambal serta beberapa jenis sayur termasuk olahan bunga pepaya.

Ikan teri yang memiliki cita rasa serta tekstur khas, menurut beberapa sumber cukup kaya kandungan fosfor dan kalsiumnya. Alhasil, akan dapat berperan menjaga dan meningkatkan kesehatan tulang.

Baca Juga: Kemendagri Pungut Biaya Akses NIK Rp 1000, DPR Akan Awasi Ketat

Termasuk di antaranya membantu menghindarkan osteoporosis atau rapuh tulang, alias bisa berperan memperkuat tulang. Tak ketinggalan pula, dapat menjaga serta meningkatkan kesehatan gigi.

Sedangkan kandungan vitamin A dan zat besi pada ikan teri antara lain bisa membantu menangkal radikal bebas di dalam tubuh. Bahkan dapat pula berperan sebagai sumber antioksidan, sehingga berdampak bagus bagi tingkat kekebalan tubuh agar tak mudah terkena gangguan kesehatan.

Adapun manfaat kesehatan penting lainnya dari ikan teri, misalnya bisa berperan membantu menjaga dan meningkatkan kesehatan jantung. Tak ketinggalan, bisa membantu menghindarkan sejumlah keluhan kesehatan karena dipicu kurang darah atau anemia.

Baca Juga: Ramadhan sebagai Syahrul Maghfirah, Bulan Ampunan

Pasalnya, ikan teri termasuk jenis ikan laut yang kaya kandungan zat besi. Bahkan selain dapat menjadi musuh serta mencegah anemia akibat kekurangan sel darah merah.

Selain itu kandungan zat besi serta protein pada ikan teri, dengan izin Yang Maha Kuasa akan dapat membantu mempercepat proses penyembuhan dari luka.

Halaman:

Editor: Sutriono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tips untuk Mencegah dan Mengobati Kutil Kelamin

Rabu, 15 Juni 2022 | 19:40 WIB

Kanker Darah, Inilah Gejala pada Umumnya

Rabu, 8 Juni 2022 | 21:10 WIB
X