• Rabu, 5 Oktober 2022

Khasiat Buah Pir Sehatkan Sistem Pencernaan, Mencegah Kanker Usus Besar dan Menjaga Imunitas Tubuh

- Selasa, 1 Februari 2022 | 11:00 WIB
          Buah pir mudah ditemukan di pasaran dan memiliki khasiat kesehatan. (Foto: Sulistyanto)
Buah pir mudah ditemukan di pasaran dan memiliki khasiat kesehatan. (Foto: Sulistyanto)

harianmerapi.com - Buah pir dengan kandungan serat pada dagingnya dapat berperan dalam menjaga serta meningkatkan kesehatan sistem pencernaan.

Termasuk di antaranya membantu mengatur gerakan usus, sehingga kian membantu mengurangi risiko terserang kanker usus besar.

“Manfaat serupa juga dapat ditemukan ketika bisa rutin mengkonsumsi buah apel,” jelas pelaku jual-beli buah asal Sleman, Sanusi.

Baca Juga: Pengalaman Horor Baru Datang Bulan di Malam Selasa Kliwon Ada Kain Putih Berkibar Ternyata Pocong

Tak kalah penting, buah pir juga banyak memiliki kandungan vitamin C. Manfaat dari vitamin ini bagi tubuh, misalnya membantu mencegah infeksi dan menjaga sistem kekebalan tubuh agar lebih kuat untuk membentengi dari berbagai gangguan kesehatan. 

Apalagi pir juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan bermanfaat ikut menjaga imunitas tubuh, agar tak gampang terserang gangguan kesehatan.

Satu buah pir berukuran sedang mengandung 5,5 gram serat, dengan jumlah harian sekitar 21-38 gram. Ketika makan banyak serat, sistem pencernaan dalam tubuh bekerja dengan cara yang seharusnya.

Serat membantu tubuh untuk menyerap vitamin dan mineral dari makanan. Hal ini juga membantu mencegah dan meringankan sembelit dan dapat mencegah penyakit wasir,sehingga masalah pencernaan berbahaya seperti kanker usus besar dapat dihindari.

Baca Juga: Empat Cara Pertahankan Keakraban Teman Sebaya atau Peer Group di Kalangan Remaja

“Selain pemanfaatan untuk dalam tubuh, buah pir juga bisa untuk luar tubuh, yakni mendukung kesehatan kulit,” tambahnya.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tujuh titik picu atasi keluhan sakit kepala

Senin, 5 September 2022 | 16:25 WIB
X