• Sabtu, 21 Mei 2022

Kenali ! Inilah Gejala yang Umum Pada Pasien Covid-19 Varian Omicron

- Jumat, 28 Januari 2022 | 06:20 WIB
Suasana Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan, Jakarta, Rabu (24/11/2021).  (ANTARA/Yogi Rachman)
Suasana Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan, Jakarta, Rabu (24/11/2021). (ANTARA/Yogi Rachman)

JAKARTA, harianmerapi.com - Gejala umum yang ditemukan pada pasien Covid-19 varian Omicron yang dirawat di rumah sakit, umumnya berupa batuk dan gatal tenggorokan.

Dokter spesialis paru RSUP Persahabatan, Erlina Burhan menyebutkan, gejala Omicron yang umum mirip dengan gejala yang sering kita baca yang disampaikan CDC (Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS-Red).

"Paling banyak gejala adalah batuk dan nyeri tenggorok juga gatal tenggorokan. Ini adalah gejala yang khas Omicron," kata Erlina dalam forum diskusi melalui zoom yang diikuti di Jakarta, Kamis (27/1/2022).

Baca Juga: Timnas Indonesia Kalahkan Timor Leste 4-1 pada Laga Persahabatan Internasional FIFA

Erlina menjelaskan, dari sebagian besar pasien yang dirawat di RSUP Persahabatan hanya sekitar 20 persen yang demam, berbeda dengan varian Delta dimana gejalanya 90 persen mengalami demam.

"Memang Omicron ini menunjukkan data bahwa virus berkembang di saluran napas atas, itu makanya gejala hanya ringan saja," katanya.

Dari pasien yang dirawat tidak ada yang sesak dan tidak butuh oksigen, yang menunjukkan tidak ada kerusakan paru.

Baca Juga: Pengalaman Mistis Diingatkan Mama yang Sudah Berpulang untuk Salat

Meski ringan, namun apabila mengalami batuk dan sakit tenggorokan serta ada riwayat kontak dengan pasien Covid-19, tidak perlu menunggu demam segera lakukan tes.

Apabila tanpa gejala dan tanpa penyakit penyerta atau komorbid maka cukup melakukan isolasi mandiri di rumah dengan tata cara isolasi yang sama seperti varian sebelumnya.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X