• Rabu, 19 Januari 2022

Pepes Lele, Selain Nikmat Juga Bermanfaat untuk Kesehatan Tubuh Melancarkan Peredaran Darah

- Sabtu, 15 Januari 2022 | 18:30 WIB
          Pepes lele, lalapan dan minuman berbahan alami bisa berperan mendukung kesehatan badan. (Foto: Sulistyanto)
Pepes lele, lalapan dan minuman berbahan alami bisa berperan mendukung kesehatan badan. (Foto: Sulistyanto)

harianmerapi.com - Olahan pepes lele jarang ditemui, padahal rasanya sungguh nikmat serta memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh terutama melancarkan peredaran darah.

Sidiq Solehudin pemilik Gubuk Makan Raja Pepes di kawasan Berjo Kulon Sleman menjelaskan, beberapa jenis ikan cocok diolah menjadi pepes, antara lain ada lele dan nila.

Selain mempunyai cita rasa enak, juga mengandung banyak nilai gizi serta menyehatkan. Ditambah lagi saat memasak menggunakan rempah-rempah alami.

Baca Juga: Daun Afrika Bantu Atasi Malaria dan Hindarkan Insomnia, Cara Pemanfaatannya Mudah

“Masakan pepes ikan lele dan nila cocok juga disantap bersama lalapan seperti mentimun dan daun kemangi. Minumannya juga bisa memilih minuman kesehatan berbahan alami seperti berbahan jeruk, serai dan olahan empon-empon,” urainya

Khususnya olahan berbahan lele, termasuk dibuat pepes lele antara lain bisa berperan membantu melancarkan peredaran atau sirkulasi darah.

Dengan lancarnya peredaran darah akan membantu mencegah serta melawan beberapa gangguan kesehatan. Tak ketinggalan dapat mendongkrak nafsu makan dan  bagus untuk menjaga kesehatan otot-otot perut maupun fungsi sistem pencernaan.

Bahkan rutin mengkonsumsi olahan lele dipercaya juga bisa membantu mencegah gangguan kesehatan seperti eksim, hepatitis, kencing manis, ambien atau wasir.

Baca Juga: Mirip Jengkol, Makanan Ringan Berbahan Gayam Hindarkan Sariawan dan 3 Manfaat Kesehatan Lain

Adapun lalapan wujud mentimun serta daun kemangi juga diyakini mempunyai khasiat kesehatan. Mentimun antara lain dapat membantu mencegah dan melawan darah tinggi (hipertensi) serta sariawan.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Diet Aman dan Sehat, Begini Tips dari Ahli Gizi UGM

Kamis, 13 Januari 2022 | 07:22 WIB
X